. . .

Sikapi keinginan Warga, PT. CAP langsung Respon Cepat.

image_print

TRANSLAMPUNG.COM,KALIANDA – Keinginan masyarakat Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda terkait dalam penanggulangan limbah, polusi udara serta akses jalan yang dilalui bersama langsung direspon cepat oleh PT. Centeral Avian Pertiwi (PT.CAP) Lampung II.

Hal itu terungkap ketika, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang diketuai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Lampung Selatan Supriyanto, melakukan pertemuan antara pihak PT.CAP Lampung II dengan warga Desa Merak Belantung dan Dinas/instansi terkait Jumat (2/8/2019).

Pemkab Lampung Selatan, dijelaskan Supriyanto mempertemukan kedua belah pihak tersebut agar dapat berkomunikasi dengan baik. Apa yang menjadi keluhan masyarakat bisa tersampaikan langsung.

“Selain itu juga, kami juga menekankan kepada pihak perusahaan bisa memperbaiki hal – hal yang masih kurang. Sebab, dari hasil jajaran dinas/instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Lamsel turun kelapangan terdapat sanitasi air limbah, polusi udara dan lalat masih kurang dalam penanganannya,” ungkapnya.

Dari hasil pertemuan yang dilakukan sudah ada kesepakatan. Artinya, pihak perusahaan siap merespon keinginan masyarakat setempat.

“Jadi, kedepan kami berharap antara kedua belah pihak dapat bersinergi. Jika, ada hal yang kurang pas hendaknya bisa dikomunikasikan dengan baik,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan Translampung.com – Sejumlah masyarakat Desa Merakbelantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, menggelar aksi unjukrasa di areal perkantor pemkab setempat, Rabu (24/7/2019).

Aksi unjukrasa itu dilaksanakan terkait dugaan pencemaran lingkungan dan limbah akibat aktivitas PT Central Avian Pertiwi (CAP) Lampung II yang beroperasi di desa setempat.

Dari keterangan pihak perusahaan, pihak perusahaan telah membuat surat pernyataan terkait dengan keluhan warga soal aktivitas PT CAP II yang beroperasi di Desa Merakbelantung.

Dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh bagian personalia dan General Affairs PT CAP Eko Suhartono dan juga Pj Kades Yan Fauzi tertanggal 21 Juli 2019, terungkap bila, pihak perusahaan akan segera merealisasikan permintaan warga RT 03, Dusun Merak, Desa Merakbelantung.

Diantaranya, pemasangan lampu penerangan jalan, fasilitas air bersih untuk warga, pembuatan talut di dalam perusahaan yang berbatasan dengan pondok pesantren Nurul Huda, bantuan obat lalat dan melakukan penyemprotan lingkungan warga serta pengendalian air limbah dari perusahaan.

Humas PT CAP Nana menuturkan, sejak ada laporan rencana aksi unjukrasa dari masyarakat tersebut, pihaknya langsung turun kebawa untuk melakukan investigasi sejumlah hal yang menjadi keluhan warga tersebut, dengan menanyakan langsung kepada masyarakat dan tokoh di daerah setempat.

“Hasil dari pada investigasi itu, point-point itulah yang kita tangkap yang akhirnya kita buat pernyataan dari pihak perusahaan, bahwasanya akan merealisasikan tuntutan itu. Itu akan segera kita realisasikan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt.Dinas Lingkungan Hidup, Feri Bastian menyatakan terkait tuntutan warga tersebut pihaknya langsung melakukan investigasi kelapangan bersama dinas terkait.

“Tadi kami (Satker terkait,red) sudah mengambil sampel air untuk dilakukan uji laboratorium.Ya, insyaalah satu minggu sudah ada hasilnya,” pungkasnya.(Johan)

error: Content is protected !!