Setelah Longsor Lambar Dihantam Gempa 5,9 Skala Richter

0
348
views

translampung.com – Gempa kembali terjadi di Kabupaten Lampung Barat. Gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) terjadi Minggu (10/4) mengagetkan sejumlah masyarakat di Kecamatan Balikbukit.

“Saya kaget sewaktu ada gempa, kebetulan kami sekeluarga sedang menonton TV di rumah dan gempanya cukup kuat sehingga kita terpaksa keluar rumah,” ujar salah seorang warga Lingkungan Sukamaju Kelurahan Waymengaku Dian.

Dirinya mengaku masih trauma dengan adanya bencana gempa bumi sebab pada tahun 1994 lalu, daerah Liwa ini pernah terjadi gempa yang korbannya cukup banyak. Sehingga apabila terjadi gempa keluarganya lebih memilih untuk keluar rumah.

“Waktu kita keluar rumah, ternyata bukan hanya keluarga saya saja yang berhamburan keluar rumah tetapi para tetangga juga melakukan hal yang sama karena khawatir akan tertimpa bangunan rumah, apalagi rata-rata disekitar lingkungan tempat tinggal kita ini mayoritas rumahnya permanen sehingga khawatir tertimpa bangunan,” akunya.

Pihaknya berharap agar bencana gempa yang kerap terjadi di kabupaten ini tidak menyebabkan korban jiwa serta kerugian bagi masyarakat.

“Jika terjadi gempa begini, lebih baik kita keluar rumah untuk menyelamatkan diri.  Kalau harta bisa dicari, tapi kalau nyawa tidak ada gantinya,” kata dia.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maidar, S.H, M.Si mebenarkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,9 SR, pada lokasi dengan koordinat 5.32 derajat lintang selatan, 102.09 bujur timur (BT) (61 kilometer barat daya) Bengkulu Provinsi Bengkulu, Minggu (10/4) sekitar pukul 09.14 WIB.

“Iya, terjadi bencana gempa yang cukup besar. Tapi Alhamdulilah tidak ada laporan terjadi kerugian akibat gempa bumi tersebut. Namun kita berharap kepada warga untuk tetap waspada karena Kabupaten Lambar ini kerap tejadi gempa,” pungkasnya. (lus/tnn)

LEAVE A REPLY