. . .

Serunya Demo Masak Ikan Bersama Itet Tridjajati Sumarijanto

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Ikan Patin bisa dikategorikan menjadi olahan kegemaran masyarakat Lampung. Di Lampung sendiri mudah ditemui rumah makan hingga restoran yang menyediakan menu masakan dari ikan air tawar ini. Mudahnya menemui ikan ini di pasaran juga membuat ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Di Lampung, dari empang di pelosok desa hingga kolam di daerah kota juga mudah menemukan ikan kategori CatFish ini.

Tepatnya hari Minggu (9/9/2018) puluhan ibu rumah tangga (IRT) antusias mengikuti kegiatan demo masak ikan air tawar bersama Itet Tridjajati Sumarijanto, M.BA. Puluhan IRT merapat di kediaman Itet Sumarijanto, M.BA di Jalan Yos Sudarso, Metro Pusat, Kota Metro, dari pukul 08.00 WIB pagi.

Aroma rempah-rempah menyeruak dari kompor masak saat demo masak dimulai, suara irisan cabai ke tatakan juga terdengar meskipun lirih, dari pantauan ada aroma merica hingga bawang putih. Di kediaman Itet Tridjajati Sumarijanto yang juga merupakan anggota DPR RI Komisi VIII, pagi itu peserta demo masak asik bergelut dengan pisau dan ikan patin.

Puluhan IRT itu berasal dari Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur dan Kota Metro. Mereka (IRT-red) mendapat mentoring langsung dari Chef yang berasal dari LKP Sejahtera Lampung, yakni Chef Reni, Hernadi dan Dede serta instruksi dari Dian Pustika direktur LKP Sejahtera Lampung.

Yami (40) peserta dari Seputih Raman, Lampung Tengah mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. Menurut Yami kegiatan ini sangat bermanfaat dan dirinya mengaku mendapat ilmu baru dalam dunia kuliner.

“Senang mas, bisa menambah pengalaman. Jadi kita kalau masak gak itu-itu saja, biar suami gak bosan, hehe,” kata Yami.

Hal senada dikatakan oleh Riyanti (40) yang merupakan warga Tridatu, Lampung Timur menurutnya kegiataan semacam ini harus sering dilakukan. Mengingat masih banyak ibu rumah tangga yang belum tahu cara memasak yang baik dan benar. Nantinya di Lampung juga akan dibuka Lembaga Khursus dan Pelatihan (LKP) Sejahtera. LKP yang mampu memberikan edukasi kepada IRT agar mampu menjalankan peran IRT dengan sebaik-baiknya.

Hal ini juga yang disampaikan oleh Itet Itet Tridjajati Sumarijanto yang saat ini duduk di kursi Komisi VIII DPR RI yang salah satu tupoksinya adalah masalah pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Bahwa menurutnya pemberdayaan perempuan di Indonesia harus dilakukan dengan baik.

“Contoh nyata pemberdayaan perempuan diadakannya praktek, demo, cara-cara masak. Tentunya setelah mahir ibu rumah tangga atau perempuan mampu memiliki skill dan ketrampilan sehingga ke depannya mampu memiliki usaha dari ketrampilan ini sendiri,” kata Itet Tridjajati Sumarijanto.

Menurut Itet, ikan patin ini paling banyak di Lampung, hasil petani Lampung dari ikan Patin juga berlimpah sehingga ikan patin adalah kearifan lokal yang bisa diangkat ke taraf nasional.

“Sesuai dengan kearifan lokal. Kita lihat saja di sini ada apa sih, kita manfaatkan kita maksimalkan. Agar kita semua sama rata, sehingga setiap daerah punya kebanggaan masing-masing, kalau saya mau makan ayam kakap di Aceh, makan Duren Ucok di Medan, begitu kan juga di Lampung,” tuntas Itet. (suf/hkw)