. . .

Sepekan Tindak 1.253 Pelanggar

image_print

Hasil Ops Zebra Krakatau 2018 Satlantas Polres Tanggamus

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Operasi Zebra Krakatau 2018 telah memasuki hari ke-7 pada Senin (5/11). Selama sepekan melaksanakan operasi terpusat bersandi zebra itu, Satuan Lalulintas Polres Tanggamus telah menindak 1.253 pelanggar dari wilayah Tanggamus dan Pringsewu.

Kasatlantas Polres Tanggamus AKP Dade Suhaeri, S.Kom. merinci, 1.253 pelanggaran itu terdiri dari 797 pelanggaran di wilayah Tanggamus. Lalu 486 pelanggaran dari wilayah Pringsewu.

“Dari seluruh pelanggaran, terbanyak pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI). Yaitu 374 pelanggaran,” terang Dade Suhaeri, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, S.I.K., M.Si.

Selanjutnya rincian pelanggaran untuk sepeda motor, yakni pengendara melawan arus 78 pelanggaran, pengendara di bawah umur 62 pelanggaran, tidak menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang hari 235 pelanggaran, dan 285 pelanggaran kelengkapan.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih, jenis pelanggaan didominasi oleh tidak digunakannya sabuk pengaman sebanyak 117 pelanggaran, menggunakan handphone saat mengemudi 2 pelanggaran, muatan melebihi kapasitas 22 pelanggaran, dan 78 pelanggaran lainnya.

“Kemudian untuk barang bukti yang diamankan berupa 467 STNK, 781 SIM, dan 5 unit sepeda motor,” jelas Dade Suhaeri.

Kasatlantas mengimbau masyarakat agar melengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan perorangan. Seperti kelengkapan kendaraan beserta surat-surat, helm SNI, dan menyalakan lampu utama untuk sepeda motor. Kemudian setelah itu patuhi peraturan lalu lintas untuk tertib di jalan sehingga dapat mencegah kecelakaan lalulintas.

“Stop pelanggaran, stop kecelakaan lalulintas, keselamatan untuk kemanusian,” tandas Dade Suhaeri. (ayp)