Senam Germas Raih Rekor MURI Peserta Terbanyak

0
67
views
REKOR MURI: Penyerahan penghargaan rekor Muri yang diterima Gubernur Lampung, Ridho Ficardo peserta terbanyak pada senam Germas.

TRANSLAMPUNG.COM, BANDAR LAMPUNG–Senam Germas Lampung kreasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berhasil tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kategori sosialisasi senam yang diikuti oleh perwakilan dari provinsi terbanyak dengan nomor rekor 7992. MURI mencatat Senam Germas tersebut dengan rekor 5000 peserta, 996 di antaranya perwakilan 33 provinsi.

Plakat rekor yang diteken Ketua Umum MURI Jaya Suprana itu diserahkan Yusuf Nandri kepada Gubenur Lampung Muhammad Ridho Ficardo didampingi Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, pada acara Olahraga Keluarga Harganas XXIV, di Lapangan Enggal Bandar Lampung, Jumat (14/7/2017). Selain Pemprov Lampung, MURI juga memberikan rekor kepada Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.

Pada acara itu, Gubernur Ridho Ficardo mengajak masyarakat senantiasa hidup sehat. Melalui momentum kegiatan ini Gubernur mengajak warga kembali mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan kembali olahraga. “Mari kita viralkan olahraga bersama ini, membiasakan hidup sehat, melakukan olahraga secara rutin,” kata Gubernur.

Menurut perwakilan MURI Yusuf Nadri, Senam Germas Lampung sangat bernuasa Lampung. “Ini mampu menjadi inspirasi provinsi lain untuk mengaplikasikan Senam Germas Lampung ini di daerah masing-masing,” kata Yusuf Nadri.

Senam Germas merupakan ciptaan Pemprov Lampung. Menurut Reihana, berisi gerakan aerobik memakai lagu daerah Lampung yang dikombinasikan dengan gerakan tari bedana dengan iringan musik gamolan dan cetik. Senam Germas merupakan gerakan latihan fisik terprogram sesuai kaidah kesehatan. “Di dalamnya terdapat gerakan aerobik ringan dan sedang, sehingga cocok untuk berbagai jenjang usia,” kata Reihana.

Senam ini dirancang antara lain meningkatkan keseimbangan, mengoptimalkan tumbuh kembang, menurunkan risiko kematian dini, dan meningkatkan kerja otot jantung. Menurut Reihana, senam ini terdiri dari gerakan pemanasan 6 menit, gerakan inti 15 menit, pendinginan 5 menit, dan peregangan selama 5 menit.

Acara ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Krisyanto mantan vokalis Jamrud. Gubernur Ridho tak segan berduet dengan Krisyanto, melantunkan tembang ‘Ningrat’. Selain hiburan, sosialisasi Germas juga diisi pengundian door prize. Hadiah utama berupa dua unit sepeda motor dan ratusan hadiah doorprize. (*)