Sempat Sendat Lalulintas, Festival Durian Sukses

0
217
views

 

TRANSLAMPUNG.COM, KOTAAGUNG TIMUR – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi mengapresiasi suksesnya gelaran perdana Festival Durian Tanggamus kemarin (6/7). Terlebih, acara yang dipusatkan di Obyek Wisata Air Terjun Waylalaan Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur itu, diklaim non budgeter APBD. Meski demikian, personel Satuan Lalulintas Polres Tanggamus yang dibantu petugas Dinas Perhubungan setempat, sempat kewalahan mengurai simpul antrean kepadatan arus lalulintas di pintu masuk lokasi festival.

Samsul Hadi mengatakan, meskipun baru kali pertama, dirinya sangat bangga karena Festival Durian Tanggamus ini terlaksana seperti yang diharapkan. Terlebih, festival buah bernama ilmiah Durio zibethinus ini dilakukan tanpa Rp1 rupiah pun anggaran dari APBD.

“Ini adalah festival durian pertama yang digelar, pelaksanaannya sendiri berlangsung sukses dan meriah, padahal nol rupiah dari APBD dan patut mendapatkan apresiasi. Khususnya pada Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar). Saya juga ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia dan satker terkait yang sudah menjadikan kegiatan festival berlangsung dengan lancar,” ujar Samsul.

Menurut wabup, Tanggamus kaya terhadap segala jenis tanaman hortikultura dan obyek pariwisata. Untuk itu dibutuhkan kreasi agar Tanggamus bisa dilirik menjadi destinasi kunjungan wisata.

“Tanggamus miliki durian asli namanya Durian Khajang Tanah dan iklim di sini juga cocok untuk ditanami durian. Ke depan pemkab akan terus berupaya membantu para kelompok tani dalam pengembangan buah durian lokal yang rasanya tidak kalah dengan durian dari daerah lain,” ungkap Samsul.

Dia juga mengakui, bahwa Festival Durian yang kali pertama diselenggarakan ini adalah buah idenya untuk mengangkat potensi unggulan hasil pertanian dan mendongkrak kepariwisataan Kabupaten Tanggamus. Dengan cara mempresentasikan dan menumbuhkembangkan potensi, pariwisata, dan hasil-hasil pertanian di Kabupaten Tanggamus.

“Tujuan diselenggarakannya festival ini adalah untuk menggali potensi hortikultura dan pariwisata Tanggamus. Melalui festival ini juga kita ingin memberitahukan kepada masyarakat luas yang ada di Provinsi Lampung bahwa Tanggamus ini memiliki buah durian enak dan lezat,” ujar Samsul. (ayp)