. . .

Sempat Habis, Disdukcapil Pastikan Segera Tersedia

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sempat kehabisan stock Blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El), Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disudkcapil) Kota Bandar Lampung pastikan mulai besok akan kembali tersedia.

Kepala dinas Disdukcapil A. Zainuddin menerangkan habisnya stock balnko KTP El dikarenakan pihaknya mengaku saat-saat ini pihak disksuk capil  melaksanakan pencetakan KTP El setiap harinya dengan rata-rata 600 sampai 700.

“kita kehabisan stock, sejak hari senin sampai hari ini kita tidak mencetak karena stock blanko habis sedangkan pihaknya sudah minta sejak minggu kemarin hanya saja tak ada jawaban,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (31/07).

Zainuddin juga mengungkapkan dua minggu yang lalu sudah minta dan mendapatkan 2 ribu blanko dan kita sudah punyak stock 4000 selama seminggu sampai hari jumat kemarin habis.

“Jadi sejak kemarin sampai hari ini kita tidak melakukan pencetakan karena blanko sudah habis, tapi kita sudah minta ke jakarta,”  ujarnya.

Namun pihaknya mengungkapkan pagi ini pihaknya sudah dapat kabar, bahwa kita akan mendapatkan 1 oter yang berarti kita 2000 keping. Jadi kalo rata-rata perhari 700 pencetakan berarti 3 hari akan habis kembali.

“Bagi saya kita mendapatkan berapapun yang tersedia di dirjen akan kita ambil, bagaimana mengatasinya sebagaimana yang sudah lama dikerjakan, sejak januari sampai kemarin hari jumat tidak pernah putus blanko,” tuturnya.

Zainuddin mengatakan untuk provinsi Lampung, kota Bandar Lampung yang paling banyak mencetak KTP El sejak januari 3 kali lipat dibanding 2017. 2017 dari Januari sampai Desember mencapai 50 ribu keping. Sedangankan januari sampai bulan ini sudah tercetak 128 ribu keping. Sudah kali lipat dalam waktu setengah tahun.

 

“Ini karena berapapun yang kita minta akan dipenuhi, karena kewenangan mencetak itu kewenangan dari Kementrian dalam negeri, dirjen disdukcapil, dan kita minta dari dua minggu lalu, dinyatakan stocknya sudah habis dan sedang dalam proses pencetakan yang akan mulai tersedia pada antara minggu ketiga agusutus,” kata dia.

Zainuddin juga mengungkapka meskipun stock yang ada dipusat habi, pihaknya tidak menunggu. Pihaknya melakukan peminjaman di kabupaten Waykanan, Tulang Bawang Barat, dan Pesisir Barat, karena skup blanko ini nasional bukan untuk satu kabupaten saja, jadi apabila di Bandar Lampung dan kabupaten lain masih tersedia, dengan sesuai atas arahan dari pusat bisa melakukan peminjaman.

“Kita pernah mendapatkan puluhan ribu, tetapi sekarang hanya dikit, karena stock yang ada di sana hanya sedikit stocknya, karena di Indonesia ini kan ada berapa ribu kabupaten yang membutuhkan hal  yang sama, jadi pasti terbagi diseluruh kabupaten kota se-Indonesia,” ujarnya. (jef/hkw)

error: Content is protected !!