Sementara Kemenag Bisa Selesaikan Pengurusan Visa Umroh

0
595
views

translampung.com – Permasalahan jamaah umrah gagal berangkat untuk sementara terselesaikan. Kementerian Agama (Kemenag) memastikan bahwa keterlambatan pengurusan visa umrah sudah teratasi. Stiker umrah kini sudah tercetak dan siap dibagikan kepada calon jamaah.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, kementeriannya sudah berkoordinasi dengan Kedubes Arab Saudi di Jakarta. Dari hasil koordinasi itu, pihaknya mendapatkan informasi bahwa mulai Selasa (5/4) malam lalu stiker visa umrah sudah tiba di Jakarta. ’’Sehingga penerbitan visa umrah bisa kembali normal,’’ katanya, kemarin (6/4).

Menurut Lukman, dalam penyelenggaraan umrah Kemenag sudah mengeluarkan program Lima Pasti Umrah. Program ini dikeluarkan untuk menjamin kelancaran jamaah dalam berumrah. Kelima unsurnya adalah pasti travelnya berizin, pasti jadwalnya, pasti terbangnya, pasti hotelnya, dan pasti visanya.

Menurut Lukman dalam kegiatan umrah posisi Kemenag adalah sebagai pegawas dan regulator. Dia menjelaskan untuk kelanjutan pemberangkatan jamaah umrah yang siap tertunda, harus segera diatasi oleh masing-masing travel.

Lukman berharap travel untuk berkoordinasi dengan kedutaan maupun pihak maskpai dan hotel. ’’Jangan sampai jamaah umrah dirugikan,’’ katanya.

Pada prinsipnya, lanjut Lukman, permasalahan gagal terbang rombongan jamaah umrah kali ini tidak ada unsur penipuan atau kejahatan lainnya. Murni karena visa umrah belum keluar. Ketika visa itu sudah keluar dan jadwal penerbangannya sudah lancar, jamaah dipastikan bisa berangkat.

LEAVE A REPLY