. . .

Semarak, Peringatan HUT Ke-10 Kabupaten Mesuji

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, MESUJI – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Kabupaten Mesuji Tahun 2018 berlangsung dengan semarak. Pada tahun ini, perayaan HUT Ke-10 Kabupaten Mesuji mengambil tema “Satu Dasawarsa Mesuji Membangun, Mesuji Bisa”.

Tema ini menggambarkan  bahwa selama sepuluh tahun berdirinya Kabupaten Mesuji telah memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat, mulai dari segi infrastruktur, pendidikan, pengentasan kemiskinan, dan lain sebagainya. Meskipun kabupaten yang masih baru, namun pembangunan Kabupaten Mesuji sudah melaju dengan sangat pesat.

Guna memeriahkan perayaan HUT Ke-10, Pemerintah Kabupaten Mesuji melaksanakan rangkaian agenda kegiatan. Salah satunya diantaranya, yaitu Pameran Pembangunan Mesuji Expo yang digelar pada tanggal 20-26 November 2018 di Lapangan Desa Mekar Jaya dan diikuti oleh 35 OPD, perusahaan, instansi, pelaku usaha, dan lain sebagainya dengan total 51 stand pameran dan kurang lebih 60 stand pedagang. Melalui pameran pembangunan ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk menyajikan informasi pembangunan.

Sebagai wujud syukur atas capaian pembangunan hingga saat ini, Pemkab Mesuji juga mengadakan Pengajian Akbar bersama KH Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah), bakti sosial sunatan massal, operasi katarak, dan operasi bibir sumbing. Berbagai lomba seni juga digelar Pemkab Mesuji dengan peserta pelajar se-Kabupaten Mesuji, serta lomba da’i cilik se-Kabupaten Mesuji.

Selain itu, Pemkab Mesuji juga menggelar open tournament, yakni Turnamen Sepak Bola Bupati Cup VIII, Turnamen Bola Voli Wakil Bupati Cup II, dan Turnamen Badminton Sekda Cup I di Desa Brabasan. Kemudian pada tanggal 25 November 2018, secara bersamaan digelar acara jalan sehat di Lapangan Desa Mekar Sari dan sepeda santai dari Alun-Alun Simpang Pematang yang diikuti oleh sekitar 25.000 peserta dengan hadiah ratusan hadiahdoorprize.

Guna memberikan hiburan bagi masyarakat, sekaligus melestarikan budaya bangsa, Pemkab Mesuji juga menggelar pawai budaya yang diikuti oleh seluruh kecamatan dan sekolah se-Kabupaten Mesuji, serta pergelaran ketoprak humor bersama Kirun cs di Lapangan Desa Mekar Sari.

Pemkab Mesuji juga menggelar Festival Sungai Mesuji yang terdiri atas lomba perahu hias, lomba gowes angsa, lomba kethek, dan balap perahu dayung di Dermaga Sungai Mesuji, Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji. Lomba tersebut diikuti oleh beberapa OPD dan desa-desa. Festival Sungai Mesuji yang diselenggarakan ini merupakan upaya Pemkab Mesuji untuk mempopulerkan pesona Sungai Mesuji yang memilki potensi yang sangat memikat di bidang pariwisata. Hal ini juga didukung dengan diselenggarakannya acara Bumi Ragab Begawe Caram Offroad yang menjelajahi alam Mesuji.

Pada upacara peringatan HUT ke-10 Kabupaten Mesuji dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Mesuji, Wiralaga Mulya dan seluruh pejabat Pemkab Mesuji melaksanakan upacara memakai pakaian adat Mesuji kemudian dilanjutkan dengan Lomba Masakan Kuliner Khas Mesuji, serta Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-10 Kabupaten Mesuji di Gedung DPRD Kabupaten Mesuji.

Rangkaian HUT ke-10 Kabupaten Mesuji ditutup dengan acara Malam Penutupan dan Puncak Hiburan yang akan digelar di Alun-Alun Desa Bujung Buring dengan menghadirkan artis dangdut ibukota Elvie Sukaesih dan Duo Virgin, serta artis lainnya. (rls)