Seluruh Desa Terapkan Siskeudes

0
379
views

TRANSLAMPUNG.COM, MESUJI-Mulai tahun 2017, seluruh desa di Kabupaten Mesuji akan menerapkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Keuangan, Pembangunan, dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mesuji Taufiq Widodo saat memberikan pendampingan penggunaan aplikasi siskeudes kepada sekretaris desa dan bendahara desa se-Kecamatan Mesuji dan Rawa Jitu Utara di Balai Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu (18/2).

Dia mengaku optimis seluruh pemerintah desa di Kabupaten Mesuji siap untuk menerapkan siskeudes mulai tahun ini. Menurutnya, Pemerintah telah mewajibkan seluruh pemerintah desa se-Indonesia untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tersebut.

Melalui aplikasi itu, diharapkan pengelolaan keuangan desa, mulai dari perencanaan, penatausahaan, pembukuan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa dapat terselenggara dengan baik dan terhindar dari penyimpangan atau penyalahgunaan, baik yang bersumber dari dana desa, alokasi dana desa, dan lain-lain.

“Insya Allah seluruh desa di Mesuji siap menerapkan siskeudes mulai tahun ini. Hal ini terutama didukung dengan kapasitas dan kapabilitas aparatur desa di Kabupaten Mesuji yang semakin baik dari waktu ke waktu, khususnya di bidang teknologi informasi,” ujarnya.

Lanjutnya, demi suksesnya penerapan siskeudes ini, pihaknya selalu siap untuk memberikan pendampingan bagi desa yang memerlukan bimbingan terkait dalam penggunaan aplikasi siskeudes maupun dalam hal pengelolaan keuangan desa lainnya.(*)