Seleksi Sekda Rampung, Keputusan di Samsul Hadi

0
226
views

TRANSLAMPUNG.COM, KOTAAGUNG – Tiga kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus dinyatakan berhasil lolos semua tahapan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Mereka adalah Andi Wijaya, Ishak, dan Pahada Hidayat. Sayangnya Panitia Seleksi (Pansel) tidak bisa memberikan keterangan siapa peraih total nilai tertinggi dari semua tahapan ujian yang dilaksanakan.

Ketua Tim Pansel JPTP untuk pengisi posisi Sekda Tanggamus, Budiono enggan ‘membocorkan’ nilai total ketiga peserta seleksi. Sebab menurut dia hal itu sifatnya rahasia dan tidak bisa di-publish.

“Kalau hasil per sesi bisa (di-publish). Tapi kalau nilai total tidak bisa. Sebab itu sudah ketentuan karena diatur dalam Undang Undang ASN dan

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,” ujar Budiono.

Menurut dia, dari tiga tahapan tes ada bobotnya masing-masing. Bobot itulah nantinya dikalikan dengan skor, sehingga timbullah nilai. Untuk Seleksi Administrasi bobot nilainya 20 persen. Seleksi Kompetensi bobotnya 50 persen. Dan Seleksi Wawancara termasuk Pendalaman Pokok Pikiran berbobot 30 persen.

“Setiap nilai yang didapat oleh peserta seleksi, akan dikalikan dengan bobot. Barulah ketahuan berapa nilai totalnya. Jadi bukan ditambah antara nilai tes satu sesi dengan tes sesi lainnya,” terang Budiono.

Dia mengakui bahwa tiga pejabat yang mengikuti Seleksi Wawancara dan Pendalaman Pokok Pikiran semuanya mengesankan. Sehingga, tiga peserta seleksi tersebut tak akan ada yang ‘tereliminasi’ lagi.

“Tugas kami adalah menyodorkan tiga nama ke Pejabat Pembina Kepegawaian, dalam hal ini Wakil Bupati. Jadi setelah tahap akhir ini, endingnya memang harus menyisakan tiga nama. Tidak ada istilah nomor satu, dua, atau tiga. Semuanya bagus dan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Sekda Tanggamus. Hasil akhirnya yang menentukan adalah Wakil Bupati,” jelas Budiono.

Dengan berakhirnya sesi Wawancara dan Pendalaman Pokok Pikiran, Pansel JPTP) untuk Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus menyatakan bahwa seluruh rangkaian tes sudah diikuti oleh peserta. Mulai dari sesi Seleksi Administrasi yang diikuti lima ASN peserta, berlanjut ke sesi Uji Kompetensi yang menhasilkan tiga ASN, serta terakhir adalah sesi Wawancara dan Pendalaman Pokok Pikiran dengan tetap tiga nama.

Ketiga nama yang berhasil bertahan dari sesi awal hingga akhir, adalah Andi Wijaya selaku Asisten Bidang Ekobang Sekretariat Daerah Tanggamus sekaligus Plt. Sekda, Ishak sebagai Pelaksana pada Biro Pemerintahan Setdaprov Lampung, dan Pahada Hidayat kini menduduki posisi Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Tulangbawang.

Sebelum mengerucut pada tiga nama tersebut, ketika sesi awal seleksi, yaitu sesi Seleksi Berkas totalnya ada lima peserta. Sayangnya, Mukifli Novem selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Tanggamus serta Suhendar Zuber yang menjabat Kepala Badan Kesbangpol Kota Bandarlampung, dinyatakan belum kompeten oleh Tim Pansel di sesi Uji Kompetensi. (ayp)