Sektor Perikanan Diminta Tingkatkan Produksi

0
209
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sektor Perikanan Lampung saat ini berada dalam angka 10 besar penyumbang produksi se-nasional. Untuk itu, targetan-targetan kenaikan produksi harus dilakukan.

Anggota Komisi II DPRD Lampung Akhmadi Sumaryanto mengatakan, perikanan merupakan salahsatu sektor potensial yang ada di Lampung. Sebab, dia menilai, sumber kekayaan di Lampung dalam bidang perikanan melimpah. Baik itu di sektor tangkap, maupun bidang budidaya.

Untuk itu, peningkatan produksi harus dilakukan. Pasalnya, arah kebijakan yang disisir tentunya peningkatan taraf perekonomian masyarakat Lampung, khususnya yang berkecimpung dalam bidang ini.

“Kita lihat garis pantai di Lampung sangat luas dan potensinya besar. Begitu juga di bidang budidaya. Sungai juga banyak di Lampung,”ujarnya.

Untuk itu, Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, harus ada upaya bagaimana produktivitas meningkat. Agar prestasi nasional yang didapat bisa merangkak naik.

“Kalau tahun 2016 posisi 10, paling tidak ada penibgkatan. Kami selaku legislatif tentunya bakal melakukan fungsi kontrol untuk mendorong hal ini,” jelasnya.

Salahsatunya adalah dengan sudah mengupayakan raperda pesisir dan pulau-pulau kecil dalam Program Pembentukan Legislasi Peraturan Daerah (Propemperda). Di mana kandungan dalam aturan tersebut juga berisikan mengenai persoalan kelautan.

“Namun tidak hanya sebatas regulasi saja. Yang kami inginkan adalah, bagaimana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, bisa melakukan upaya konkreet. Misalnya, dalam bidang tangkap, bisa melakukan koordinasi keamanan wilayah dengan aparat keamanan setempat. Untuk budidaya, bisa lebih mengoptimalkan bantuan stimulan, baik keilmuan maupun secara materi kepada petambak yang ada. Tentunya juga, dengan menyediakan pasar dan pengaturan harga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung M. Ilyas Hayani Muda megatakan, untuk produksi Perikanan Tangkap tahun 2015 tercatat 168.907,77 ton dan pada tahun 2016 naik menjadi 174.715,00 ton atau 3,5 persen.

Sedangkan produksi Perikanan Budidaya tahun 2015 sebesar 116.774,38 ton dan pada tahun 2016 tercatat sebesar 122.729,83 ton atau mengalami peningkatan sebesar 5 persen.

“Tentunya, dukungan peningkatan produksi ini akan kita lakukan,” ujarnya

Mantan Kepala Badan Perwakilan Lampung di Jakarta ini mengatakan, persoalan yang terjadi di lapangan adalah mengenai pengetahuan dan operasional.

Untuk itu, dia mengatakan sudah mengagendakan pada maret, juni, september dan desember akan menurunkan tim ke lapangan guna memberikan stimulan kepada para petambak dan kelompok petambak yang ada di Lampung.

Diantaranya dengan memberikan pengetahuan-pengetahuan CBIB yakni cara budidaya ikan yang baik sampai petambak tersebut mendapatlan sertifikasi petambak.

“Bagaimana mereka merawat dan pengelolaan air dan sebagainya. Cara memonitoring penyakit misalnya juga harus diketahui oleh petambak,” jelasnya.(tnn)