Sekjen Golkar: Hentikan Perang DPR dan KPK

0
102
views
Sekjen Golkar: Hentikan Perang DPR dan KPK

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA- Ketegangan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Pansus Angket di DPR memantik perhatian Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham. Menurutnya, pansus harus kembali pada tujuannya. Yakni, meningkatkan kelembagaan dan kinerja KPK, bukan membubarkannya.

“Kita beri arahan bahwa hak angket KPK dalam rangka penguatan kinerja KPK. Bukan perang, bukan perlawanan. Seolah-olah yang muncul dua lembaga ini perang, paradigma ini tidak boleh terjadi,” sesal Idrus saat ditemui di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Minggu (9/7).

Jika terus berhadap-hadapan seperti itu, katanya itu tidak lah baik demi keberlangsungan kedua lembaga.  “Saya kira itu tidak sehat,” tegas Idrus.

Mantan Ketua Pansus Angket Bank Century itu menjelaskan, pansus tidak  ditujukan untuk perorangan. Namun bertujuan untuk membongkar permasalahan yang ada dari objek pansus tersebut.

Tahapan kerjanya pun harus sistematis. Dengan melihat  dari dari perspektif ketatanegaraan dan sistem hukum. Karena itu, dia menyarankan kepada seluruh anggota dan pimpinan Pansus Angket KPK untuk berhenti saling bersitegang.

Masing-masing lembaga baik DPR maupun KPK pun harus  bekerja sesuai koridor dan mekanisme yang ada. “Harus ada prinsip saling percaya dan memahami,” pintanya.

Kata Idrus, jangan sampai ada niatan dari anggota maupun pimpinan pansus untuk melakukan perlawanan untuk membubarkan KPK.

“Sejak awal, penggunaan angket bukan untuk membubarkan. Kalau niatnya membubarkan dari awal, Golkar tidak ikut,” pungkasnya. (jpg)