. . .

Sekdes Sukaraja, Paksa Mantan Kades Samsul Bahri, Kembalikan dana Bumdes diduga dipakai untuk Kepentingan Pribadi

image_print

TRANSLAMPUNG.COM,PALAS – Diduga Mantan Kepala Desa Sukaraja, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, Samsul Bahri, menggunakan anggaran Penyertaan Modal BUMDes Alam Lestari Desa untuk keperluan pribadi.

Dimana BUMDes tersebut, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi desa.

Informasi yang berhasil dihimpun, anggaran Penyertaan Modal BUMDes Alam Lestari Desa Sukaraja sejak 2016 hingga 2018 mencapai Rp244,5 juta. Dengan rincian pada 2016 sebesar Rp80 juta, 2017 sebesar Rp82,2 juta, dan 2018 sebesar Rp82,2 juta.

Sang mantan Kades Sukaraja Samsul Bahri, yang saat itu masih menjabat ditengarai menggunakan anggaran penyertaan modal Bumdes sebesar Rp60,5 juta.

Tidak hanya itu, dalam struktur kepengurusan BUMDes itu sendiri diduga menyalahi aturan yang berlaku. Sebab, jabatan Ketua Bumdes Alam Lestari itu dijabat oleh Sekretaris Desa setempat.

Sementara itu, Sekdes Sukaraja, Sukardi mengatakan saat ini anggaran penyertaan modal BUMDes masih tersimpan di dalam rekening BUMDes. Bahkan, anggaran yang digunakan mantan Kades Samsul Bahri sudah dikembalikan.

“Pertama dibentuk BUMDes itu tahun 2016, kami gunakan untuk unit usaha simpan pinjam. Karena ada aturan yang melarang Dana Bumdes untuk simpan pinjam, maka dihentikan. Sedangkan saat itu orang yang meminjam salah satunya Mantan Kades,” kata Sukardi, saat dihubungi Translampung.com, Selasa (14/5/2019).

Pada saat dihentikan, lanjut Sukardi dana itu masih terpakai oleh Kades. Bahkan, penggunaan dana BUMDes itu sudah menjadi temuan Inspektorat pada 2017. Sehingga, dana yang sudah dikeluarkan harus dikembalikan lagi ke rekening BUMDes.

“Dana yang dipakai Mantan Kades sebesar Rp.60,5 juta sudah saya paksa harus dikembalikan kemarin senin (13/5) kemarin, berikut buku tabungan rekening Bumdes yang semula ada tangan bendahara desa (Bucep-red). Nah, sekarang Dananya sudah ada dengan saya secepatnya akan dimasukkan kebank hari ini juga” beber Sukardi.

Terpisah Camat Palas, Rika Wati saat dihubungi Translampung.com membenarkan dan menyayangkan Mantan Kades Sukaraja Samsul Bahri yang lamabat mengembalikan dana tersebut. Padahal, sudah lama menjadi temuan.

“Kemarin, kami bersama aparat desa sukaraja sudah menemui Pak Samsul agar persoalan tersebut segera diselesaikan dan hari ini semua dana berkut berkas laporanya sudah lengkap tinggal dimasukkan kerekening bank, ” pungkasnya.(Johan)

error: Content is protected !!