. . .

Sekdakab Tuba, Ir. Anthoni,MM, lepas sebanyak 25 orang peserta Pekan Daerah – Kontak Tani Nelayan Andalan(PEDA – KTNA)

image_print

TRANSLAMPUNG.COM-MENGGALA – Sekdakab Ir. Anthoni MM, melepas peserta Pekan Daerah – Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA – KTNA) XVI Tahun 2019, yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan.

Adapun pelepasan ini dilaksanakan di Rupatama Kantor Bupati Tulangbawang, Kamis (11/7), dengan jumlah peserta utama yang berangkat sebanyak 25 orang, dengan pendamping 5 orang dan panitia 4 orang. Untuk kegiatan yang akan diikuti, diantaranya lomba Stand Pameran, lomba Asah Terampil, lomba Temu Karya, lomba Peragaan dan Unjuk Tangkas, lomba Karya Seni dan lomba Olahraga Tradisional.

Sekdakab Ir. Anthoni,MM, mengatakan, sangat mendukung penuh para peserta yang mengikuti perlombaan, mengingat Kabupaten Tulangbawang dengan wilayah geografis yang cukup luas, memiliki potensi perairan dan pertanian yang melimpah, sehingga sumber daya ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.
Dalam pembangunan yang semakin kompleks, petani dihadapkan pada tantangan yang semakin besar dalam keterkaitan usaha tani dengan berbagai aspek yang mempengaruhinya,” Saat ini diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang berkualitas dalam membangun sektor pertanian, KTNA kita jadikan ajang motor penggerak pembangunan pertanian, diharapkan mampu membantu petani membangun skala usaha yang memiliki potensi strategis seperti pelaku usaha lainnya,” kata Anthoni.

Lebih lanjut, Anthoni, mengatakan, selain itu, KTNA juga harus menjadi penyalur aspirasi petani dalam keikutsertaan menentukan kebijakan Pemerintah Daerah di Bidang Pertanian, sehingga mendorong peran aktif petani dan pelaku agribisnis Lainnya,” Oleh karena itu KTNA perlu difasilitasi dan diberdayakan agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan mandiri, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan petani dan masyarakat di Kabupaten Tulangbawang,” ujarnya.

Salah satu bentuk fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, adalah memberikan dukungan kepada KTNA Kabupaten Tulangbawang untuk berpartisipasi pada kegiatan PEDA-KTNA Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di Kalianda Lampung Selatan pada tanggal 15-18 Juli 2019,” Untuk itu, kepada seluruh peserta PEDA-KTNA, diharapkan dapat menjadikan ajang ini, sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya masing-masing, sehingga kualitas sumber daya petani terus meningkat dan mampu menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat baik di kawasan regional Kabupaten Tulangbawang, Nasional bahkan Internasional,” tambahnya. (als).

error: Content is protected !!