Sekdakab Tegaskan Tanggung Pengobatan-Biaya Makan Siti

0
288
views

TRANSLAMPUNG, SUKADANA – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lampung Timur, Syahrudin Putera menjawab keluhan Siti Yulia, penderita tumor tulang, pada Acara Nemui Nyimah di Gedung Pusiban, Kompleks Perkantoran Pemda, Kamis (14/9/2017).

Diketahui, Siti Yulia warga kecamatan Marga Tiga menceritakan perihal kondisinya saat ini yang sedang membutuhkan bantuan dana, untuk berobat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Siti mengalami tumor tulang pada kaki kirinya, yang mengakibatkan kaki kirinya tidak bisa untuk berjalan.

Selain sedang mengalami tumor tulang, Siti juga menuturkan bahwa pada 2009 silam pernah mengalamidugaan  malapraktik, oleh salah satu dokter di daerah Sukadana, yang mengakibatkan besi yang ditanam pada kakinya saat itu keluar dan membuat kakinya semakin parah.

“Kemudian pengobatannya saya lanjutkan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Namun karena terkendala masalah biaya, saya menghentikan pengobatan tersebut lima tahun yang lalu,” jelasnya.

Siti juga telah mengajukan jaminan kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Kesehatan, namun belum mendapatkan tanggapan.

“Saya juga pernah membuat proposal permohonan bantuan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur, untuk mendapatkan biaya rujukan ke Rumas Sakit Cipto Tapi tak ada kabar persetujuan rujukan sampai saat ini,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Lamtim, Mahmud Yunus mengatakan, dirinya sudah diperintah Bupati Lampung Timur untuk menangani masalah sosial, seperti yang dialami Siti.

“Jadi itu sudah kita bahas di anggaran, dan Insya Allah nantinya Ibu Siti akan didampingi oleh tim dari Dinas Kesehatan untuk membuat rujukan dari Rumah Sakit Tipe C, yaitu RSUD Sukadana, sampai ke Rumah Sakit Tipe A seperti Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta,” jelasnya

Apabila tidak kebagian tempat, sambung Yunus, sudah disediakan rumah singgah dan makan, yang dikoordinir Pemkab Lampung Timur melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan,” imbuhnya.

Sekdakab Lampung Timur, Syahrudin Putera berjanji mengupayakan untuk menanggung segala biaya Siti selama berobat.

“Jadi untuk Ibu Siti jangan khawatir, tadi sudah dibilang oleh Pak Yunus akan segera dibantu oleh Dinas Kesehatan untuk rujukan, dan biaya makan serta tempat tinggal di Rumah Sakit Cipto oleh Dinas Sosial,” ucapnya. (Kemas)