Sekda Pesibar Sambut Mahasiswa KPM IAIN Metro

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Sekreraris Daerah (Sekda) menghadiri acara penyambutan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Metro, di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Kamis (9/8).

Dalam sambutanya, Azhari mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan rektor IAIN metro yang telah menempatkan para mahasiswanya untuk mengabdi kepada masyarakat di Kabupaten Pesibar yang merupakan salah satu tempat kegiatan KPM pada tahun 2018.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh perwakilan dari civitas akademika IAIN Metro bahwa sebanyak 393 mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KPM di Kabupaten Pesibar ini, “sambutnya.

Masih menurut dia, pihak IAIN Metro telah membagi peserta KPM menjadi 40 kelompok yang tersebar di 4 kecamatan dan 39 pekon yang ada di Kabupaten Pesibar.

“Saya menyambut baik kegiatan ini karena akan membantu kami dalam melaksanakan program pembangunan daerah sebagaimana yang telah disusun dalam RPJPD dan RPJMD Kabupaten Pesibar, ” imbuhnya.

Dilanjutkanya, kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KPM, agar dapat melakukan identifikasi permasalahan pada masyarakat terutama di pekon-pekon tempat pelaksanaan pengabdian tersebut.

“Semoga para mahasiswa dapat membantu dalam mengatasi berbagai kendala yang ada ditengah-tengah masyarakat yaitu dengan melakukan pemberdayaan terhadap berbagai potensi yang telah berkembang dalam masyarakat dalam rangka menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik, ” terangnya.

Azhari juga berharap, kepada seluruh mahasiswa untuk lebih memperkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga dapat memberikan berbagai kontribusi pemikiran kepada masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan daerah.

“Dalam konteks ini, diharapkan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui KPM, dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa sebagai sarjana pendamping masyarakat dan upaya pemberdayaan masyarakat desa melalui implementasi tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian, ” pungkasnya.

Turut dihadiri dalam acara tersebut, rektor IAIN Metro, DPRD Pesibar, pejabat pemerintahan Kabupaten Pesibar, PPM IAIN Metro, dosen pembimbing peserta KPM, camat, peratin se-kecamatan krui selatan, pesisir selatan, ngambur, ngaras dan mahasiswa peserta KPM IAIN Metro. (R7) 

News Reporter