. . .

Sekda Pesibar Hadiri Bursa Inovasi di Gedung GSG Selalaw

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) mewakili bupati, Agus Istiqlal menghadiri acara bursa inovasi Desa Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) pada tahun 2018 di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (19/9).

Dalam sambutannya, Azhari menyampaikan bahwa, program inovasi desa hadir sebagai upaya mendorong pemanfaatan dana desa yang lebih baik. Untuk itu saya menyambut baik kegiatan bursa inovasi ini dengan terbuka dan saya berharap agar melalui kegiatan ini dapat menggali potensi dasar desa.

“Sehingga dapat dipaparkan melalui ide-ide inovatif tentang pengelolaan dana desa yang lebih bernilai. Kemudian melalui kegiatan ini dapat diterapkan secara baik dengan pertimbangan sumber daya lokal yang ada di pekon-pekon, “ujarnya.

Dijelaskannya selain itu, program inovasi desa merupakan salah satu upaya kementerian desa untuk mewujudkan pembangunan di daerah tertinggal dan transmigrasi dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah pedesaan, melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumberdaya manusia, pelayanan sosial dasar serta infrastruktur desa.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dana desa sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 saat ini, telah disalurkan secara bertahap dan langsung melalui rekening masing masing pekon. Dengan demikian tentu sudah banyak pembangunan yang dilakukan melalui dana desa tersebut. untuk itu saya mengapresiasi pemerintah pekon yang telah berupaya untuk memaksimalkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di pekon masing-masing, “terang  Azhari.

Azhari juga berharap, kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya peserta pekon yang mengikuti agar kiranya bisa bersama-sama menyukseskan program ini, dan diharapkan rekan-rekan dari pekon dapat memilih minimal 1 kegiatan dari ide-ide yang dipaparkan, atau jika ada yang mempunyai gagasan lebih baik dan lebih bermanfaat, buatlah komitmen bersama untuk dilaksanakan pada apb-pekon pada tahun anggaran 2019 nanti.

“Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfa’at untuk kita semua. dengan mengucap “bismillahirrohmanirrohim acara bursa inovasi desa Kabupaten Pesisir Barat tahun 2018 saya nyatakan dibuka, “tandasnya. (r7)

 

error: Content is protected !!