. . .

Sekda: Orang Tua Faktor Utama untuk Masa Depan Anak

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Sekretaris daerah (Sekda), menghadiri acara seminar parenting dengan tema mendidik dengan cinta Kabupaten Pesisir Barat tahun 2018. Di gedung serba guna (GSG) Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, pada rabu,  (29/8).

Dalam sambutannya, Azhari mengatakan seorang anak adalah bentuk kepercayaan (Amanah ) yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu anak haruslah dirawat, diasuh, dilindungi di bimbing dan dididik sebaik mungkin.

“Orang tua adalah salah satu faktor penting yang akan mengantarkan bagaimana masa perkembangan anak. meski genetik orang tua hanya berpengaruh 20% di lingkungan tempat dia belajar, terutama lingkungan pertama kali yakni di lingkungan keluarga yang akan berpengaruh menjadikan dia seperti apa kedepannya,” ujarnya dalam sambutannya.

Adapun tugas utama orang tua  yakni, untuk  mendidik para anak-anaknya atau dengan kata lain, dalam relasi antara anak dan orang tua secara kodrat tercukupi unsur pendidikan untuk membangun kepribadian anak dan mendewasakannya.

Untuk itu orang tua menjadi agen pertama dan utama yang akan bertanggungjawab dalam mendidik anak-anaknya agar menjadi orang tua yang baik, mempunyai kepribadian yang kuat dan sikap mental yang sehat serta akhlak yang terpuji.

“Saya sebagai orang tua mengajak kita semua agar menjadi orang tua yang aktif, buat bapak-bapak kini sudah bukan zamannya lagi pengasuhan anak hanya berpusat pada ibu, tetapi juga tanggungjawab para ayah. Dalam pengasuhan anak, ayah dan ibu perlu bersama-sama berperan aktif dalam menciptakan situasi dan kondisi optimal bagi proses tumbuh kembang anak-anaknya,” jelasnya.

Azhari juga berharap kepada peserta seminar yang hadir dapat mengikuti acara ini hingga selesai, sehingga ilmu yang didapat dapat dibagikan kepada ibu-ibu yang lain sehingga mamfaatnya semakin bisa tersebar luas. Dan jangan sampai kedatangan  pemateri dari jauh-jauh menjadi sia-sia begitu saja.

“Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan berbahagia ini, dengan mengucap bismillahirahmanirrahim acara seminar parenting dengan tema “mendidik dengan cinta” saya nyatakan dibuka,” pungkasnya. (r7/hkw)