SDIT Pringsewu Ajarkan Anak Didik Berbagi

0
200
views

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kabupaten Pringsewu sejak dini telah mengajarkan anak didiknya untuk saling berbagi dengan sesama.

“Ini dibuktikan dengan mengajak anak didiknya untuk berqurban, lalu dagingnya dibagikan kepada orang yang tidak mampu, pada Hari Raya Qurban (Idul Adha) 1438 Hijriah lalu,” ujar Kepala SDIT Pringsewu, Fitria Agustini, di ruang kerjanya, Kamis(14/9).

Dikatakannya, untuk mendidik anak bukan hanya pada pelajaran formal saja. Namun di luar pelajaran formal siswa juga dididik.

“Seperti pada Hari Raya Qurban beberapa waktu lalu, anak didik kami ajarkan untuk berqurban dengan cara sokongan/patungan. Ada juga yang orang tuanya menitipkan hewan qurban untuk disembelih di SDIT, lalu dagingnya dibagikan kepada yang tidak mampu,” jelas Fitria.

Di hari raya qurban atau hari raya haji itu, lanjut dia, selain berqurban, siswa juga diajarkan rukun haji, dengan cara manasik haji. Seperti beberapa hari lalu, siswa kelas IV mempraktekkan manasik haji untuk belajar rukun haji.

Menurut Fitria, anak didik akan lebih mengerti dengan cara dipraktekkan langsung, bagaimana cara naik haji dan rukun haji sebenarnya.

“Kami sebagai guru akan selalu kreatif dalam mendidik murid, agar belajarnya tidak jenuh, karena anak didik bila belajarnya monoton mudah bosan dan pelajarannya sulit direkam di otak,” kata Fitria. (reza)