. . .

Satlantas Polresta Sidoarjo Terapkan Uji Praktik SIM Bersensor

image_print

TRANSLAMPUNG.COM – Ujian praktik SIM (Surat Izin Mengemudi) berbasis sensor tak lama lagi bakal segera dioperasionalkan di Satlantas Polresta Sidoarjo. Arena ujian praktik SIM yang baru direnovasi dengan dilengkapi sensor juga sudah disiapkan untuk digunakan para pencari SIM.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar mengungkapkan, secara agenda ujian praktik SIM menggunakan sensor ini baru akan di-launching pada bulan Maret ini. “Saat ini tinggal tahap finishing,” sebut Fahrian, Sabtu (2/3).

Ia melanjutkan, dalam sesi uji coba lintasan yang dilakukan pagi tadi, pihaknya juga telah memberikan banyak perombakan di lintasan uji SIM tersebut. Di antaranya menempatkan sensor gerak yang ditanam di dalam plat yang berada di lintasan. Sensor ini sudah operasional.

Selain itu, pihaknya juga telah menambah jumlah item yang diujikan. Total ada lima item ujian praktik yang harus dilalui para pencari SIM. Di antaranya lintasan lurus, zig-zag, lintasan angka delapan, ujian reaksi rem menghindar, dan lintasan putar balik.

“Ini sesuai dengan Perkap (Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Red No 9 Tahun 2012 Tentang Surat Izin Mengemudi, Red),” ujar Fahrian.

Sementara itu, Shinta Adetya, 26, warga yang sempat melakukan uji coba lintasan baru uji SIM bersensor itu mengaku lebih mudah dalam menjalani. “Yang paling sulit di lintasan putar balik,” ucap Shinta. (son/jay)(sb/son/jay/JPR)

error: Content is protected !!