. . .

Sandiaga Uno “The Next” Jusuf Kalla?

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA, FIN – Pengaruh Wakil Presiden Jusuf Kalla di wilayah Indonesia Timur tak perlu diragukan. Putra Haji Kalla ini menjadi perwakilan bagi rakyat Indonesia Timur di beberapa kepemimpinan Presiden Indonesia, baik dari Abdurahman Wahid yang diangkat menjadi Menteri, dipilih mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Wakil Presiden pada periode 2004-2009, dan kemudian dipercayakan menjadi Wakil Presiden mendampingi Joko Widodo di periode 2014-2019.

Di Pemilihan Presiden 2019 ini, politisi senior yang pernah memimpin Partai Golkar itu memilih beristirahat dari perpolitikan Indonesia, meski sempat diisukan akan kembali berpasangan dengan Joko Widodo, namun hal itu tak terjadi.

Berhentinya Jusuf Kalla di Pilpres 2019 tidak serta merta meredupkan pengaruh Indonesia Timur dari perpolitikan bangsa. Pasalnya, tokoh yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia Timur sebagai pengganti atau the next Jusuf Kalla sudah diketahui. Dia adalah Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno.
Sandiaga Uno sendiri adalah putra asli Provinsi Gorontalo (Sulawesi), yang juga memiliki darah Bugis (Sulawesi Selatan). Sandiaga Uno sendiri kini ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Calon Wakil Presiden mendampungi Prabowo Subianto yang diusung oleh empat Partai Politik. Yakni Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut adik kandung Prabowo Subianto, Hashim S Djojohadikusumo suara Prabowo-Sandiaga di Indonesia Timur makin naik. Ini karena Sandiaga Uno adalah putra asli Indonesia Timur (Sulawesi). “Makin naik, kenapa karena Pak Sandi putra asli Sulawesi, ini alasan primordial, orang Sulawesi dukung orang Sulawesi kan begitu, pasti kan,” kata Hasim saat berkunjung ke Graha Fajar Indonesia Network (Group Trans Lampung), Selasa (9/10).
Dikatakan Hashim, tokoh Indonesia Timur yang terkenal saat ini adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan hampir semua masyarakat Sulawesi dan Indonesia secara keseluruhan mendukung Jusuf Kalla. Sementara, di Pilpres 2019 ini Jusuf Kalla tak lagi mencalonkan diri, artinya Sandiaga Uno yang akan menggantikan posisi Jusuf Kalla sebagai tokoh Indonesia Timur ke depan.

“Orang Sulawesi dukung Pak Jusuf Kalla, kan sekarang ngga ada pak Jusuf Kalla, pengganti Pak Jusuf Kalla adalah orang Sulawesi juga. Namanya Sandiaga Uno, itu alasannya. Sangat yakin, anda pasti tau itu juga,” tegasnya.
Diketahui, kunjungan Hashim Djojohadikusumo ke Graha Fajar Indonesia Network (FIN) sebagai ajang silaturahmi dengan para pimpinan FIN. Dalam silaturahmi itu, Hashim diterima langsung oleh Direktur Utama FIN, Agus Salim Hamu, Direktur Dwi Nurmawan dan pimpinan lainnya. Fajar Indonesia Network sendiri menaungi 90 media lokal di seluruh Indonesia. (RBA/FIN/tnn)