Samsul Hadi Tunjuk Plh. Kadisdukcapil

0
322
views

Gantikan IR yang di Proses Hukum

TRANSLAMPUNG.COM, KOTAAGUNG-Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus Yuhandi Rifa’i ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas. Karena Kepala Disdukcapil IR, saat ini masih menjalani proses hukum dugaan penyalahgunaan narkoba, pasca digrebek polisi di ruangannya, Rabu (22/2) lalu.

Yuhandi mengatakan, dirinya ditunjuk langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tanggamus Samsul Hadi supaya pelayanan di disdukcapil tidak terhenti. Sebab dinas ini bentuknya pelayanan publik dengan bidang administrasi kependudukan yang diperlukan masyarakat banyak.

“Jadi supaya itu tidak terhambat, maka saya ditunjuk untuk jadi Plh. Sebab jangan sampai pelayanan disdukcapil terhenti,” ujar Yuhandi, Jumat (24/2).

Ia mengaku dengan penunjukan tersebut maka pelayanan disdukcapil bisa berjalan lagi. Dan sejak Jumat (24/2) maka segala layanan dan penerbitan administrasi kependudukan akan ditandatanganinya. Dan atas kondisi tersebut maka berkas-berkas yang membubuhkan tanda tangan akan dirubah dari IR jadi Yuhandi Rifa’i. Apabila sudah ada berkas yang mencantumkan nama IR harus diganti dengan berkas yang baru dan itu dianggap rusak.

“Saya juga tidak tahu sampai kapan jadi Plh, kalau seandainya diteruskan dan kemudian IR sudah ada kepastian hukumnya, maka mungkin saya akan dijadikan pelaksana tugas. Untuk itupun saya belum tahu juga sampai kapan. Sebab untuk jadi kepala dinas definitif harus lewati seleksi berkas dan assessment,” terang Yuhandi.

Dalam hal ini penunjukkan Sekretaris Disdukcapil jadi plh, pertimbangannya mungkin selama ini dia yang sudah mengerti tugas-tugas di instansi tersebut. Penunjukan Yuhandi juga disaksikan utusan dari pusat. Dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri memang mengutus utusan untuk mengecek kebenaran tentang Kepala Disdukcapil Tanggamus yang terjerat masalah hukum. Dan meminta ke pemkab supaya segera menunjuk pengganti kepala dinas supaya pelayanan tidak terhenti.

Sedangkan terkait pelayanan penerbitan dokumen administrasi seperti KTP sementara dan Kartu Keluarga dari Disdukcapil Tanggamus pada Kamis (23/2), Kabid Kependudukan Riza Husna mengatakan, terhenti total. Hal itu karena berhalangannya IR yang masih berstatus kepala dinas dan gangguan jaringan internet.

“Kalau sekarang ini memang berhenti semua layanan karena kondisinya kadis tidak ada dan jaringan internet juga sempat mengalami gangguan. Jadi tidak bisa mengirimkan data ke pusat,” jelas Riza Husna.

Ia menambahkan, meski penerbitan surat kependudukan terhenti namun untuk pelayanan penerimaan pembuatan KTP dan KK tetap diterima. Namun kapan keduanya jadi belum bisa dipastikan sebab menunggu sampai ada plh. Dari kondisi tersebut maka situasi Disdukcapil Tanggamus sepi. Tidak ada antrean dan tungguan dari masyarakat yang akan membuat KK dan KTP sementara.

“Kalau untuk ajuan pembuatan masih kami layani, namun kapan jadinya kami tidak bisa pastikan. Kalau ada plh kadis sudah bisa jadi cepat, tapi kalau yang gangguan internet, kami tidak bisa pastikan. Sebab itu kaitannya dengan pusat,” tandas Riza.(ayp)