Samsul Hadi: Guru PAUD harus Inovatif

0
483
views

TRANSLAMPUNG.COM, SEMAKA-Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tanggamus Samsul Hadi meminta seluruh tenaga pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk terus berinovasi dan mengembangkan pola didik. Sebab usia murid PAUD adalah usia bermain, sehingga pola belajarnya pun harus disesuaikan. Hal itu ditegaskan Samsul Hadi ketika meresmikan Gebyar PAUD Tingkat Pekon se-Kecamatan Semaka tahun 2017.

Samsul Hadi mengatakan, PAUD merupakan wadah pembinaan dan pembentukan karakter anak sedini mungkin. Diharapkan dalam PAUD, anak-anak mendapatkan rangsangan pendidikan, guna membantu pertumbuhan dan perkembanagan jasmani dan rohani. Sehingga anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.

“Tentunya dengan pola yang disesuaikan. Artinya pengajarannya tidak mesti dilaksanakan secara klasikal di dalam kelasm Tetapi kegiatan-kegiatan di luar kelas juga amat penting untuk dilakukan. Hal ini merujuk pada peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomor:137 Tahun 2013, yang menyebutkan bahwa pelaksanaan PAUD, dalam proses pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan saintific atau anak dibawa kepada pengalaman yang nyata,” ujar Samsul, kemarin (16/2).

Sementara, berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pendidikan (Disdik) Tanggamus, sampai dengan saat ini lembaga PAUD (TK/RA/Ba/KB/TPA/SPS) di Kabupaten Tanggamus berjumlah 465 lembaga, dengan jumlah murid sebanyak 14.183 anak dan 1.338 guru. Sedangkan untuk di kecamatan Semaka sendiri, tercatat ada 29 lembaga PAUD yang keseluruhannya dikelola oleh swasta dengan jumlah murid 1.175 anak dan 106 guru.

“Hal ini tentunya, berdampak pada peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD, yang pada akhirnya akan membangun pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini atau pada golden age (usia emas),” terang Samsul.

Selain dihadiri unsur pimpinan kecamatan (uspika) setempat, Gebyar PAUD Semaka juga dihadiri Hj. Afillah, Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Tanggamus, para Kepala Pekon, Kepala UPT serta jajaran Dinas Pendidikan, para guru PAUD, murid dan para wali murid.(ayp)