Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Saat Menteri Siti Hingga Bill Gates Bahas Bumi yang Kritis -
Saat Menteri Siti Hingga Bill Gates Bahas Bumi yang Kritis

TRANSLAMPUNG.COM, PARIS – Negara-negara di dunia termasuk Indonesia telah melakukan langkah bersejarah dengan melahirkan keputusan bersama perjanjian Paris untuk menyikapi ancaman perubahan iklim yang kian nyata dihadapi manusia. Perjanjian Paris tersebut juga diratifikasi Indonesia dalam bentuk UU.

Setelah dua tahun berlalu, Presiden Republik Prancis, Emmanuel Macron, menjadi tuan rumah pertemuan puncak One Planet Summit yang berlangsung dari tanggal 12-14 Desember.

Agenda ini dihadiri puluhan pemimpin dunia, serta sejumlah tokoh kunci pendukung perubahan iklim, termasuk pendiri Microsoft Bill Gates, Arnold Schwarzenegger dan Michael Bloomberg.

Agenda yang juga dihadiri Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, dan Sekjen PBB, Antonio Guterres ini akan membahas keadaan bumi yang kian kritis. Kesadaran bersama setelah perjanjian Paris, diharapkan dapat maju ke langkah lebih konkrit. Termasuk memusatkan perhatian pada dukungan finansial negara dan swasta, agar dapat berinovasi menyesuaikan agenda perubahan iklim.

”Komitmen Indonesia pada perubahan iklim sudah sangat jelas. Kita juga akan maksimalkan upaya penurunan emisi melalui upaya konservasi keanekaragaman hayati,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, Selasa (12/12).

Menteri LHK Siti Nurbaya hadir mewakili Presiden RI dalam agenda penting tersebut. Turut dalam delegasi Indonesia, Menteri Keuangan dan Menteri ESDM.

Menjelang gelaran KTT One Planet Summit dimulai, Menteri Siti Nurbaya telah memulai pertemuan dengan Menteri Ekologi dan Transisi Inklusif Perancis, Nicolas. Pada pertemuan itu mereka membahas tentang potensi energi baru dan terbarukan.

”Indonesia menjelaskan rencana umum energi Nasional dan perkembangan geothermal, micro hydro serta energi matahari,” ungkap Menteri Siti.(*)

 

News Reporter