. . .

Rutan Kelas II B Kotabumi, Lepas Balon Ditugu Payan Mas

image_print

TRANSLAMPUNG.COM

KOTABUMI –  Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Kemenkumham ke-73, petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kotabumi Lampung Utara menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya Bhakti Sosial, Pemberian Cinderamata dan Hiburan Masyarakat warga binaan.
Peringatan Hari Dharma Karya Dhika yang diperingati setiap 30 Oktober itu, ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Kepala Rutan Kotabumi Denial Arif, bersama pimpinan UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi, di Bundaran Tugu Payan Mas Kotabumi, Jumat (26/10/2018).
Kgiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai UPT Kementerian Hukum dan Ham wilayah Lampung  Utara Rayon Kotabumi dan masayarakat (warga binaan) antusias mengikuti acara tersebut.
Kepala Rutan Kelas II B Kotabumi Denial Arif mengatakan, kegiatan ini merupakan serangkaian acara untuk memperingati Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2018 yang dilakukan seluruh Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia.
Denial berharap, dengan adanya kegiatan ini warga binaan bisa kembali beradaptasi dengan situasi lingungkan di luar rumah tahanan. Sehingga, ketika bebas dan menjadi kembali kemasyarakat tidak lagi kaget dan cepat bersosialisasi.
“Program permasyarakat membawa narapidana berbaur dengan masyarakat itu untuk menghilangkan paradigma masyarakat selama ini yang terkesan menjauhi narapidana dan membuat narapidana itupun merasa minder,” kata Denial.
Ia menyampaikan saat ini Rutan tidak lagi seperti zaman dulu sesuatu yang menakutkan baik untuk narapidana mau pun masyarakat, tetapi saat ini rutan lebih mengedepankan pembinaan kepada narapidana.
“Harapan kita para narapidana begitu keluar menjadi pribadi yang baik dan tidak mengulangi perbuatannya dalam melanggar hukum,” harapnya.
Dengan demikian, diharapkan para napi tersebut dapat diterima kembali dilingkungan masyarakat. Disamping itu, hal ini sebagai wujud sikap ramah lingkungan dengan membersihkan dan menjaganya.
Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat binaan. Seperti yang mereka berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan. “Semoga bhakti sosial dan hiburan ini bisa terus ditingkatkan sehingga dapat membantu warga binaan beradaptasi dengan masyarakat,” harap meraka. ( Rls/ Iwan )