Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50553 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Rusia Tuding AS Provokasi Turki Luncurkan Operasi di Afrin -
Rusia Tuding AS Provokasi Turki Luncurkan Operasi di Afrin

TRANSLAMPUNG.COM – Seorang pejabat dari Dewan Keamanan Rusia mengatakan, Pemerintah Amerika Serikat (AS) memprovokasi Turki untuk meluncurkan operasi melawan terorisme di wilayah Afrin di Syria dengan memberikan senjata kepada orang-orang Kurdi di wilayah tersebut dan mendorong separatisme.

Asisten Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, Alexander Venediktov mengatakan, AS mendirikan sekitar 20 pangkalan militer di wilayah mayoritas Kurdi di utara Syria dan terus memasok senjata modern Amerika kepada penduduk lokal.

“Pengiriman senjata modern Amerika dan dukungan AS terhadap sentimen separatis Kurdi secara praktis memprovokasi Turki meluncurkan operasi militer di Syria utara dekat Afrin,” kata Venediktov seperti dilansir Anadolu Agency.

Turki telah lama menentang tindakan AS memasok senjata ke kelompok Kurdi PYD/PKK. Mereka terus melawan Turki selama 30 tahun dan menewaskan sekitar 40.000 jiwa.

Turki pada 20 Januari lalu meluncurkan Operasi Ranting Zaitun untuk membasmi PYD/PKK dan Islamic State dari Afrin, Syria.

Staf Umum Turki menyatakan, operasi tersebut bertujuan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut, juga untuk melindungi masyarakat Syria dari tekanan dan kekejaman teroris.

Operasi ini dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak untuk membela diri di bawah Piagam PBB, dengan tetap menghormati integritas teritorial Syria.

Pihak militer juga memastikan, sangat penting supaya operasi tidak membahayakan warga sipil.(ina/iml/met/trz/JPC/jpg)

 

News Reporter