. . .

Rumah Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BAUBAU-Kapolsek Murhum, Iptu Dessy Simon mengatakan, dugaan sementara amukan ‘si jago merah’ yang menghanguskan satu unit rumah di kawasan Baruga Keraton, Jalan Sultan Labuke, Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, diduga akibat arus pendek listrik.

“Ini baru sebatas dugaan, belum dipastikan namun dugaan sementara adalah arus pendek listrik atau korslet,” ungkap Dessy, Selasa (28/8).

Pun begitu sampai saat ini pihaknya tetap menunggu hasil dari penyidikan lengkap, untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya dari kebakaran tersebut.

Dikatakannya, dalam kejadian ini tidak terdapat korban jiwa, karena rumah dalam keadaan kosong, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Amukkan ‘si jago merah’ melahap satu rumah di kawasan Baruga keraton itu diperkirakan terjadi sejak pukul 11.45 Wita, hingga berhasil dipadamkan pukul 12.50 Wita.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran rumah tersebut, namun menurut keterangan salah seorang Warga, La Mane (54), api muncul dari dapur rumah (La Ausi, pemilik rumah) yang ditinggal merantau ke Sorong.

“Api muncul itu sekitar pukul 11.45 Wita, kalau tidak salah api muncul dari rumah dapur rumah pak Ausi,” ujarnya.

Dia menceritakan, rumah ini sudah lama ditinggal pemiliknya merantau ke Sorong. Namun, kata dia, ketika malam hari ada sepasang suami istri, La Inu dan (69) Wa Hamsa (50) yang tinggal di rumah tersebut.

Diketahui La Inu dalam kesehariannya sebagai pedagang kelapa di Pasar Wameo, yang di amanatkan oleh pemilik rumah untuk menjaga.

Sementara itu, menurut Asadi (50) adik kandung dari pemilik rumah menaksirkan kerugian mencapai puluhan juta rupiah atas musibah itu.

Ditempat yang sama, Kabid Pemadam Kebakaran, Joni Karno mengatakan saat pemadaman rumah tersebut tidak memiliki kendala, dikarenakan banyaknya warga yang ikut membantu pemadaman api.

“Hanya saja api cepat merembet, karena tekstur rumah terbuat dari bahan padat kayu,” tuturnya.

Dalam pemadaman tersebut, Dinas Pemadam Pebakaran menurunkan 3 Damkar dan 1 tangki penyuplai, dengan menurunkan satu peleton atau 18 orang tenaga pemadam kebakaran.(ps)