Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 RSUD Tubaba Butuh Suntikan Dana Rp61 Miliar -
RSUD Tubaba Butuh Suntikan Dana Rp61 Miliar

TRANSLAMPUNG.COM, TUBABA-Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) membutuhkan anggaran sekitar Rp61 miliar untuk melanjutkan pembangunan gedung dan pengadaan peralatan medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tubaba yang terletak di Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tubaba.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Perana Putera, mengatakan kebutuhan anggaran tersebut untuk melanjutkan pembangunan Gedung A yang saat ini sudah selesai pembuatan pondasi dan tiang-tiang bangunannya serta pembangunan gedung B dan C.

Tidak hanya itu, RSUD Tubaba yang saat ini sudah beroperasi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di bumi ragem sai mangi wawai tersebut juga masih membutuhkan peralatan medis yang memerlukan anggaran yang lebih besar dari biaya untuk pembangunan fisik.

“Untuk tahun ini kita menganggarkan dana pembangunan gedung A tersebut senilai Rp12 Miliar tetapi dana yang ready baru 2,5 Miliar Jadi pekerjaan ini kita tunda sampai perubahan karena masih menunggu dana tambahannya,”katanya.

Menurut Perana yang juga menjabat Asisten III di Setdakab Tubaba tersebut, untuk mencukupi rencana melanjutkan pembangunan gedung A tersebut, pihaknya sedang berusaha mengajukan anggaran ke pemerintah pusat melaui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan dari Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional Perubahan(APBN-P) yang bakal digodok dan dibahas oleh pemerintah pusat pada April-Mei mendatang.

“Kita sedang mengajukan proposal DAK Kesehatan ke pemerintah pusat. Dan kita optimis akan mendapatkan dana itu walaupun tidak sebanyak yang kita ajukan tersebut,”paparnya.

Masih menurut dia, kekurangan gedung RSUD Tubaba saat ini tidak menggangu pelayanan dan operasional rumah sakit, sebab pemkab sudah memiliki gedung D dan E. Hanya saja, RSUD belum bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan keterbatasan gedung dan alat-alat kesehatan yang ada.”Untuk memberikan pelayanan yang maksimal ini yang masih terkendala dengan ketersediaan gedung dan peralatan kesehatan,” tukasnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi Direktur Utama (Dirut) RSUD Tubaba dr. Pramono Satrio Wibowo terkait kebutuhan peralatan medis RSUD dia mengatakan instansi yang dipimpinnya saat ini masih membutuhkan banyak sarana dan prasarana seperti ICU, PICU, dan NICU, ruang IGD, serta alat penunjang pelayanan tingkat lanjutan.”Saat ini berjalan memberikan pelayanan baru memenuhi standart pelayanan minimal saja,”kata dia melaui ponsel.

Masih menurutnya, kebutuhan kedepan pihaknya sangat membutuhkan peralatan untuk pemeriksaan lanjutan seperti peralatan untuk ruang operasi, peralatan medis jantung endoskopi, dan fasilitas seperti yang ia sebutkan sebelumnya serta alat-alat penunjang lainnya.

“Walaupun memberikan pelayanan standart minimal tetapi kami sudah memiliki 6 dokter spesialis, yakni dokter spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis kandungan, spesialis bedah, spesialis anastesi, dan spesialis radiologi,” singkatnya.(jef)

News Reporter