RSUD Sukadana Kurang Ruang Inap

0
201
views
TRANSLAMPUNG.COM, Lampung Timur – Rumah Sakit Umum  Daerah (RSUD) Sukadana Lampung Timur sering kali melakukan rujukan kunjungan pasien ke rumah sakit lain. Tidak hanya di Lamtim tetapi hingga luar daerah.
Usai hering di DPRD llampung Timur, Direktur RSUD Sukadana Dr. Nanang Salman Saleh, Sp.B., mengatakan pada Radar Lamtim Selasa (14/2) bahwa seringkali RSUD melakukan rujukan pasien. Ini akibat, kurangnya tempat ruang rawat inap. Sehingga banyak pasien tidak tertampung.
Nanang juga menjelaskan, jumlah ruang yang ada yakni 1 ruangan kandungan dan 1 ruang bedah. Lalu 1 ruang penyakit dalam, 1 ruang VIP untuk 4 orang pasien, dan ruang kls 1 untuk 4 orang pasien.
“Ini fasilitas ruang rawat inap yang ada di  RSUD kita,” jelasnya Nanang.
 Ia menambahkan, semakin meningkatnya kunjungan ini berkat dukungan penuh dari Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Pemkab serta DPRD Lampung Timur. Akibat dari meningkatnya kunjungan pasien kerumah sakit tersebut,  sehingga ruang rawat inap semuanya penuh dan terpaksa  melakukan rujukan pada kunjungan pasien ke rumah sakit luar.
Untuk itu pihaknya meminta, untuk mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi lagi RSUD harus meningkatkan penambahan fasilitas ruang rawat inap yang ada. Supaya kedepan tidak akan terjadi lagi merujukkan pasien ke rumah sakit lain bahkan rumah sakit di luar Kabupaten Lamtim
“Melakukan peningkatan ini akan kami lakukan secara bertahap yang sesuai dengan kemampuan Rumah Sakit Sukadana. Dan bukan hanya itu saja, perlu juga adanya peningkatan untuk tenaga medis baik dari jumlah hingga penambahan untuk kelengkapan alat medis,” jelasnya.
Sementara itu Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Lampung Timur Faisal Riza sangat mengapresiasi untuk peningkatan pasilitas ruang rawat inap serta alat medis yang masih banyak kekurangan di RSUD Sukadana.
“Kami akan siap memfasilitasi dengan pemerintah daerah. Karena rumah sakit umum Sukadana ini untuk memberdayakan masarakat Lamtim khususnya agar kedepan tidak terulang lagi  terjadinya pasien di rujukan ke rumah sakit lain karena ruang rawat inapnya tidak cukup. Apalagi sampai di rujukkan ke rumah sakit di luar daerah llamtim yang jarak tempuh cukup lumayan jauh ini tentunya akan semakin membengkak pembiayaan operasional pihak keluarga pasien,” tegas Faisal.
Sehingga, lanjutnya, harus benar-benar ada dukungan penuh dari semua elemen masyarakat dan DRPD bersenergi bersama pemerintah daerah untuk meningkatkan fasilitas RSUD Lamtim.