RSUD Bob Bazar Kalianda tak Gunakan Obat Anastesi Bupivacaine

0
438
views
KALIANDA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar, Kalianda Lampung Selatan menyatakan bahwa hingga sejauh ini belum pernah menyediakan obat anastesi bupivacaine untuk pasien yang akan dilakukan operasi.
Hal itu diungkapkan, Kepala Tata Usaha (TU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda Taufiqur Rosyad, mewakili Kepala RSUD Bob Bazar Armen Patria,saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (8/4) kemarin.
Menurut dia, apabila ada larangan terhadap obat-obat berbahaya di RSUD Bob Bazzar Kalianda biasanya pihak RSUD Bob Bazzar Kalianda mendapatkan surat resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lampung.
“Didalam surat resmi BPOM itu, ada daftarnya jenis obat yang dilarang untuk dipakai dan obat yang dilarang segera dilakukan penarikan, guna dilakukan pemusnahan,” katanya.
Oleh karena itu, ditambahkan dia, masyarakat Lampung Selatan tidak perlu khawatir. RSUD Bob Bazar tidak menggunakan obat seperti yang terjadi di Rumah Sakit di Pringsewu.
“Baru saja saya telepon petugas bagian obatnya, bahwa obat anastesi bupivacaine tidak tersedia di sini (RSUD Bob Bazar Kalianda, red), bahkan petugas medis kami pun tidak pernah menggunakan obat jenis tersebut untuk melakukan pembiusan bagi pasien yang akan menjalani operasi,” kata dia.
Sementara itu dihubungi secara terpisah, Minggu (10/4) pihak Dinas Kesehatan Lampung Selatan yang hingga kini belum dapat memberikan keterangan yang jelas terhadap obat anastesi bupivaine.
“Saya belum tahu mas, tapi biasanya kalau obat-obatan yang dilarang beredar segera ditarik oleh Dinas Kesehatan Lampung Selatan bekerjasama dengan BPOM Provinsi Lampung. Apalagi, ada larangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” kata Kepala Tata Usaha (TU) Dinkes Lamsel Kuswigyo singkat. (johan)

LEAVE A REPLY