Rizki Dirawat di Klinik, Kemana Rumah Sakit Kota Bandarlampung?

0
1369
views
Rizki pasien luka bakar dirawat di Klinik Mitra Anda Rajabasa

Translampung.com-Rizki seorang remaja asal Kabupaten Pringsewu yg mengalami luka bakar dan saat ini sedang mendapatkan dampingan dari tim relawan Komunitas Peduli Generasi Lampung (KPGL), dan kini mendapatkan perawatan di Klinik Mitra Anda Rajabasa.

Pengurus KPGL, Firman mengatakan bahwa hal tersebut sebagai tindak lanjut karena banyaknya netizen yg menyampaikan kondisi rizki kepada relawan, terlebih rizki adalah anak Yatim dan ibunya hanya seorang penjual Gorengan.

Dia menjelaskan, bahwa Rizki merupakan korban kebrutalan dari orang yg memiliki keterbelakangan mental, rizki disiram bensin dan hampir separuh tubuhnya dibagian kanan mengalami luka bakar.

Dua hari yg lalu rizki menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pringsewu , karena keterbatasan alat medis Rizki harus dirujuk kerumah sakit yg memiliki spesialis kulit,” jelas Firman kepada Trans Lampung saat dihubungi via telepon, Selasa (14/2).

Firman menambahkan, bahwa akhirnya tim relawan berkordinasi dengan beberapa rumah sakit di Kota Bandarlampung, kata dia tidak satupun rumah sakit yang dapat menerima pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan kelas 3.

“Dan akhirnya beberapa rumah sakit direncanakan untuk menjadi tempat rujukan bagi Rizki, namun setibanya di kota Bandar Lampung tidak ada satupun rumah sakit yg berkenan menerima Rizki, mereka (rumah sakit) beralasan bahwa kamar untuk kelas 3 sudah penuh, dan jika sang pasien mau menambah biaya untuk naik kelas akan disiapkan tempatnya,” ungkap Firman.

Dia mengatakan, karena malam semakin larut akhirnya relawan memutuskan untuk membawa rizki ke Klinik Mitra Anda Rajabasa.

“Seperti biasa mas, setiap pasien miskin yg ditolak oleh rumah sakit atau di”buang” maupun yg mendapatkan layanan tidak baik seperti kisah-kisah sebelumnya, Klinik Mitra Anda merupakan tempat terakhir yang bisa kami tuju, dan hanya Klinik itulah yang mau menerima pasien 24jam, bahkan tidak hanya pasien yang mendapatkan pendampingan dari kami, pasien tidak mampu lainnya yang keterbatasan biaya juga mendapatkan dispensasi dari Klinik Mitra Anda,” papar Firman.

Namun Firman mengatakan, bahwa saat berita pasien dimuat dimedia cetak maupun elektronik baru pelayanan Rumah Sakit yang menolak pasien kurang mampu tersebut diperbaiki.

“Saat berita itu dimuat di media cetak atau elektronik mereka langsung berubah drastis dan bahkan langsung mengklarifikasi untuk melakukan pembelaan. Dan selalu Klinik Mitra Anda yg menjadi tempat terakhir bagi para relawan untuk menempatkan pasien yg didampinginya. Klinik yg sudah bermitra cukup lama dgn para relawan kemanusiaan ini siap melayani dengan hati bahkan jika pasien benar-benar tidak mampu bayar klinik mitra anda dengan sukarela membebaskan semua biaya pengobatannya,” imbuhnya.

Saat ini relawan bahu membahu dgn klinik mitra anda untuk memberikan pelayanan yg terbaik bagi Rizki, termasuk memberikan obat2an yg terbaik (obat paten) untuk kesembuhan Rizki.

Semoga kedepan pelayanan kesehatan dibumi ruwa jurai ini semakin baik.

“Harapan saya, untuk masyarakat Lampung, khususnya Bandarlampung dapat mengulurkan bantuan agar dapat meringankan beban Rizki dan pasien yang kurang mampu lainnya, bantuan itu bisa langsung diberikan ke yang bersangkutan atau yang tidak bisa memberikan secara langsung bisa melalui tim relawan kami. Donasi kepedulian Rizki dapat disalurkan melalui Rekening Komunitas Peduli Generasi Bank Mandiri 114 00 1093568,” pungkasnya.(hkw)