Rio Asal Lampung Tengah Antarkan Indonesia Juara 3 di Barcelona

0
588
views

translampung.com – Rio Helmi Sahputa, siswa SMPN 4 Terbanggibesar Kabupaten Lampung Tengah berhasil mengantarkan Indonesia meraih juara 3 dalam kejuaraan sepak bola Road to Barcelona April lalu. Helmi bersama timnya berhasil menaklukan Algeria dengan skor 4-3 dalam perebutan juara ketiga di ajang tersebut.

Prestasi tersebut mendapatkan apresiasi dari Bupati Lampung Tengah, DR. Ir. Mustafa. Sebelumnya beberapa atlet asal Lamteng juga didapuk mewakili Indonesia untuk bertanding di Malaysia.

“Hal ini menunjukan Lampung Tengah memiliki potensi bibit atlet yang baik, khususnya sepak bola. Saya bangga sekali, meski kita level kabupaten, namun ternyata banyak anak-anak kita yang mampu bersaing ditingkat internasional. Saya siap support,” ungkap Mustafa saat menyambut kedatangan Rio di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Sabtu, 16/4/2016.

Untuk memaksimalkan potensi olahraga di Lamteng, kedepan Pemkab akan memberikan perhatian lebih pada bibit-bibit berprestasi yang ada di Lampung Tengah. Ia juga meminta dinas terkait untuk bisa menginterisir atau memetakan potensi anak-anak, untuk kemudian dikembangkan secara optimal.

“Ini harus kita petakan. Apa saja potensi yang dimiliki anak didik kita. Selanjutnya kita kembangkan, sehingga bakat dan potensi anak dapat diberdayakan dengan maksimal. Tidak menuutup kemungkinan nantinya Lampung Tengah bisa menjadi lumbung atlet di Lampung,” ujar dia.

Untuk diketahui, Rio Helmi Sahputra merupakan siswa SMPN 4 Terbanggibesar dan berada dibawah naungan Tunas Inti, tempat Rio mengasah kemampuannya mengolah bola.

Ia mengaku senang bisa bersempatan mengikuti kejuaraan road to Barcelona yang diikuti 10 tim dan 8 negara di dunia. Bertemu lawan-lawan berat dari belahan dunia membuat Rio banyak belajar, khususnya dalam teknik permainan.

“Pertama kami lawan Inggris dengan skor imbang 1-1, lalu lawan Belgia kalah 1-0,  lawan Irlandia menang 8-0, lawan Alzazair menang 1-0 dan terakhir lawan Algeria menang dengan skor 4-3,” papar Rio didampingi pelatihnya Sunarto.

Perbedaan postur tubuh serta cuaca Barcelona yang dingin menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi Rio. “Kami sempat minder karena kami kalah tinggi, cuaca juga cukup menyulitkan kami saat bertanding. Tapi Alhamdulillah kami bisa masuk final dan menang dalam perebutan juara 3,” ujar dia.

Kedepan, siswa yang baru duduk di bangku kelas 7 ini menargetkan bisa masuk seleksi dalam kejuaraan sepak bola di Turki, Rusia atau Belanda. “Mimpi saya adalah menjadi pemain tim nasional yang akan membela Indonesia di kejuaraan dunia,” pungkasnya.(rls)

LEAVE A REPLY