. . .

Ribuan Warga Meriahkan Festival Teluk Stabas V

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – Seribu lebih warga ikut memeriahkan Parade Budaya Bebay Ngantak Uyan Sasuduk pada Festival Teluk Stabas V. Para ibu-ibu berpakaian kebaya, mengenakan sinjang (sarung) tapis dan selendang penutup kepala berjalan kaki dari depan Pemkab Pesibar menuju pantai Labuhan Jukung beriringan seraya memikul bakul anyaman bambu berisi beras, gula, kue, telur, dan sayur-mayur.

Kemeriahan ini bisa disaksikan dalam rangkaian awal Festival Teluk Stabas V Kabupaten Pesisir Barat mulai 16 April 2018. Event pariwisata yang juga diisi berbagai lomba budaya ini akan berlangsung hingga 23 April 2018.

“Festival Teluk Stabas merupakan event tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Audi Marpi, senin (16/4).

Dipaparkannya, sejumlah lomba yang akan ikut memeriahkan gelaran ini diantaranya Lomba Nyulam Tapis, Tari Adat Lampung, Tari Kreasi Lampung, Ngukokh Kelapa, Ngunduh Damar, Burung Berkicau, Mawalan dan Lomba Nyelimpokh Gelamay. Seluruh perlombaan akan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Labuhan Jukung, Krui.

“Kami ingin event ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menyaksikan, sekaligus sebagai sarana memelihara tradisi dan budaya masyarakat Pesisir Barat,” ujar Audi.

Untuk itu, ia berharap para seluruh warga, khususnya para penggiat pariwisata untuk turut berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan yang merupakan salah satu dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pesisir Barat ke-5 ini.

Kabupaten Pesisir Barat merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara dengan daya tarik utamanya adalah wisata alam, khususnya bahari.

“Karena itulah kami menyajikan sebuah festival budaya agar wisatawan tidak hanya mengenal keindahan alam Pesisir Barat saja, tapi juga kearifan lokal yang dimiliki masyarakatnya,” jelasnya.

Wisatawan mancanegara misalnya, tidak hanya berselancar ombak saja, tetapi bisa menyaksikan keindahan budaya lokal. Sehingga ke depan, potensi wisata budaya juga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi menurutnya, salah satu misi Bupati Pesisir Barat adalah mewujudkan Kabupaten Pesisir Barat sebagai daerah tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal.

Festival Teluk Stabas layak dimasukkan dalam agenda kunjungan para wisatawan, sekaligus menikmati berbagai destinasi wisata seperti Pantai Labuhan Jukung, Pantai Tanjung Setia, dan Pulau Pisang. (r7/hkw)