. . .

Ribuan Anggota Pramuka, Ikuti Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 57

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandarlampung menggelar apel besar memperingati Hari Pramuka ke-57 bertempat di stadion Pahoman, Bandarlampung, Sabtu (22/9).

Upacara yang dipimpin oleh Sekda Bandar Lampung Badri Tamam mewakili Wali Kota Herman HN itu diikuti ribuan anggota Kwarcab Bandarlampung mulai dari tingkat Gugus Depan (Gudep), Kwartir Ranting (Kwaran) hingga Kwartir Cabang (K2arcab).


Hadir pula Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bandar Lampung Eva Dwiana serta seluruh pejabat pemkot serta unsur forkopimda se Kota Bandarlampung.

Dalam sambutannya, Badri Tamam mengatakan, Gerakan Pramuka harus menjadi garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. “Selamat hari pramuka ke-57,” kata Sekda membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia.

Terkait hajat pemilu yang akan digelar dalam waktu dekat, Badri meminta Gerakan Pramuka harus memberikan kesejukan dan jalan terlibat hiruk pikuk perpolitikan meskipun sebagai warga negara punya hak berpolitik.


“Jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis, saya berharap kepada jajaran Pramuka anggota dewasa sampai instuktur agar merapatkan barisan bekerjasama dan bersinergi,” kata dia.

Dia menambahkan pembangunan karakter bangsa menjadi fokus pemerintahan saat ini. Untuk mewujudkan itu harus diawali pembangunan SDM yang berkualias. “Pramuka hendaknya mengikuti perkembangan zaman, harus dapat menangkap fenomena di era tekhonolgi saat ini. Gerakan pramuka harus komitmen meningkatkan kualitas manusia,” kata dia.

Sementara itu Kepala Kwarcab Gerakan Pramuka Bandar Lampung Eva Dwiana berharap kebersamaan dan kekompakan Pramuka Kota Bandar Lampung bisa menjadi contoh kabupaten kota di Lampung bahkan nasional.

“Momentum ini adalah kebersamaan dan kerjasama, kalau tidak bersama maka tidak akan sukses seperti saat ini, terpenting pramuka ini ada dimana mana membantu masyarakat, contoh, seperti di jalan ada kemacetan pramuka siap turun, ada bencana siap turun,” kata dia.

Apel besar ini, kata Eva merupakan puncak acara peringatan Hari Pramuka ke-57.  “Rangkaian kegiatan kita ada menari, mewarnai, donor darah. Pokoknya ada 12 rangkaian termasuk perlombaan dan sekarang puncaknya,. Terimakasih bapak wali kota, bapak sekda, dan guru guru, serta seluruhnya mulai dari tingkat kecamatan,” kata dia. (jef)