. . .

Resmi Bertipe C, RSUDBM Kotaagung Beli 107 Bed Elektronik

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang (RSUDBM) Kabupaten Tanggamus saat ini sudah bertipe C. Untuk menyesuaikan dengan tipe C tersebut, manajemen RSUDBM mengaku telah meng-upgrade beberapa item fasilitas kesehatan untuk pasien. Hal itu merujuk pada standardisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha RSUDBM Andi Firdaus menjelaskan, fasilitas yang sudah di-upgrade sesuai dengan standar Kemenkes RI, antara lain adalah, bed (ranjang tidur) pasien. Sebelumnya adalah bed manual. Namun saat ini sudah menggunakan bed elektronik (modern/otomatis).

”Dengan total bed yakni 107 unit. Berada di ruang perawatan kelas I, II, dan III, serta di ruang bedah,” kata Andi Firdaus, mewakili Direktur RSUDBM dr. Yudi Indarto, Rabu (28/11).

Semua fasilitas kesehatan tersebut, dia menegaskan, dibeli dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018 dengan total Rp2,9 miliar. Semua item sudah berada di RSUDBM sejak Mei 2018. Dan semuanya sudah dilakukan quality control oleh Tim Pemeriksa dari RSUD Batin Mangunang.

”Jadi (fasilitas itu) sudah dinyatakan layak pakai,” tegas Andi.

Ia juga menjelaskan, pembelian fasilitas kesehatan tersebut sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan melaluielectronic Catalogue (e-Catalogue) Kemenkes RI. Untuk jumlah bed pasien sendiri, dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan. Sebab rumah sakit tipe C, idealnya harus memiliki 107 bed elektronik.

Sebenarnya, dia memaparkan, bantuan DAK 2018 dari Kemenkes RI, totalnya berjumlah Rp3.922 miliar. Akan tetapi yang terserap berdasarkan kebutuhan RSUDBM hanya Rp2,9 miliar. Sisanya yaitu Rp1.022.000.000 tidak lagi bisa digunakan dan akan kembali ke Kas Negara.

”Masing masing item itu perusahaan penyedianya berbeda. Namun semuanya tetap kami beli dari e-Catalogue Kemenkes RI,” beber Andi.

Selain bed pasien, dia menambahkan, ada juga beberapa item fasilitas penunjang lainnya yang disesuaikan dengan tipe RSUDBM. Yaitu sfigmomanometer (alat pengukur tekanan darah) yang sudah digital sebanyak 20 unit, kemudian kursi roda 10 unit, dan kursi tunggu 10 unit. (ayp)