Rektor UBL Didaulat Ketua DPD ADRI Provinsi Lampung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG–Kepercayaan terhadap kapasitas dan kapabilitas Rektor Universitas Bandarlampung (UBL) Yusuf S. Barusman untuk didaulat memimpin organisasi kepakaran level provinsi ditingkat nasional semakin bertambah.

Setelah terbaru, Yusuf Barusman, Sabtu (4/3/2017) ini di Balai Pelatihan Kesehatan Bapelkes Kota Batam, Kepulauan Riau, dijadwalkan dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (DPD ADRI) Provinsi Lampung.

Istimewanya pelantikan Yusuf Barusman bersamaan dengan delapan Ketua DPD ADRI diberbagai provinsi lain yakni Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.
Menurut Manajer Operasional Biro Marketing, Humas,dan Kerjasama (BMHK) UBL, Indriati Agustina Gultom, yang turut dalam pelantikan tersebut. Penujukan Yusuf bersamaan dengan International Multidisciplinary and Call for Paper ADRI yang berlangsung 3-5 Maret lalu.

Dalam kesempatan itu, Yusuf Barusaman terpilih aklamasi memimpin ADRI Lampung pada 14 Februari, untuk masa bakti empat tahun ke depan, yakni dikepengurusan 2017-2021.

“Mereka yang terpilih (dilantik) terdiri para ahli dan dosen yang menyebar berkarier di kampus negeri dan swasta serta lembaga penelitian lain,” imbuh Indri.

Dalam kesempatan itu, Indri menambahkan selain pelantikan. Kegiatan di Batam juga diisi rencana konferensi dan workshop bagi seluruh jajaran pengurus ADRI ditingkat nasional.

“Keberadaan ADRI yang terdiri para dosen, ahli pemikir dan kaum cendekiawan kampus harus memperkuat implementasi tridarma perguruan tinggi. Terutama dipoin penelitian terapan dan pengabdian masyarakat, yang (efeknya) langsung dirasakan manfaatnya bagi sivitas akademika hingga masyarakat. Termasuk, mengoptimalkan penggunaan teknologi yang mudah diperoleh secara efisien,efektif dan menjadi keharusan,”terangnya.

Dalam kepengurusan ADRI Lampung masa bakti 2017-2021 terdapat 20 pejabat setingkat rektor, ketua, dan direktur perguruan tinggi se-Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai duduk di posisi majelis pengurus. Meliputi Wakil Ketua, Sekretaris Umum, Bendahara, anggota, hingga dewan penasehat.
Selain, Yusuf Barusman perwakilan UBL yang juga dilantik sebagai jajaran majelis pengurus ADRI Provinsi Lampung, yakni Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBL, Andala Rama Putra Barusman, sebagai salah satu Wakil Ketua dan Ketua Pusat Studi Hukum dan Perbankan (Ka.PSHP) Zulfi Diane Ziani, dibidang Kerjasama Harlindung.

Terpisah, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP ADRI) Achmad Fatoni Rodli menegaskan tujuan dibentuknya ADRI yakni melakukan pembinaan profesi anggota. Hingga membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Semua disesuaikan program kerja yang bakal direalisasikan. Termasuk melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan sesuai bidang keahlian, membina kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah, mengembangkan jurnal untuk publikasi karya ilmiah dosen, maupun mengoptimalkan peran ahli dan peneliti ditingkat lokal, domestik, regional hingga nasional,” tuturnya.

Selain itu, keberadaan ADRI dikhususkan dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kompetensi akademik anggota. Ahmad Fatoni optimis, keberadaan ADRI memberikan banyak manfaat diperoleh untuk pengembangan publikasi ilmiah dikancah nasional kelevel internasional.

“Sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) dan visi misi roda organisasi. Semua majelis pengurus DPP dan DPD ADRI diseluruh di Indonesia, diajak terus meningkatkan profesionalisme maupun melakukan tri dharma perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” tukasnya.

Foto Caption
DILANTIK: Rektor UBL H.M. Yusuf. S. Barusman, didaulat menjadi Ketua DPD ADRI Lampung setelah dilantik Ketua DPD ADRI Pusat di Bapelkes Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (4/3) ini.(Dok. Foto DHS)

News Reporter