Rekanan Siap Benahi Pekerjaan JIB Sesuai RAB

0
100
views

TRANSLAMPUNG, PANARAGAN – Pembangunan Jaringan Irigasi Baru (JIB) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) diduga asal jadi dalam pengerjaannya.
Untuk itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tubaba melalui Komisi C akan menggelar hearing dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta rekanan.

Hal tersebut setelah ditemukan beragam kejanggalan pada dua item pembangunan JIB di Tiyuh Kartasari Rk3-Rt12, Kecamatan Tulangbawang Udik, di aliran sungai Tulungmuara Buluh.

Juga pada pembangunan jaringan irigasi baru dan normalisasi aliran sungai Waylebung, Tiyuh Bujungsari marga, Rk‎2-Rt5, Kecamatan Pagardewa, beberapa waktu lalu.
‎Menurut Ketua Komisi C Paisol, hari ini (kemarin) telah dilakukan hearing dengan Dinas PUPR, PPK, PPTK, konsultan pengawas, serta rekanan pembangunan JIB yang terletak di dua lokasi, Kecamatan Tulangbawang Udik, dan Pagardewa, untuk meminta kejelasan atas pekerjaan tersebut.

”Kita akan klarifikasi semua di sini, sejauh mana tindakan yang telah dilakukan dinas terkait, terhadap pekerjaan itu. Sebab beberpa waktu lalu kami dari Komsi C kroscek di lokasi pekerjaan tersebut banyak yang rusak, disebabkan curah hujan yang cukup tinggi, telah mengakibatkan kerusakan pada pembangunan JIB tersebut, pastinya kita juga telah minta di perbaiki,” kata Paisol, saat dijumpai Trans Lampung, usai melakukan hearing, Senin (11/9).

Meskipun pekerjaan tersebut telah dilakukan perbaikan oleh pihak rekanan, itu juga tidak serta merta nantinya Dinas PUPR dapat melakukan provisional hand over (PHO) atas pekerjaan tersebut. Tentunya wajib mengedepankan mutu kualitas bangunan ‎ dan dapat sesuai dalam spek yang ada.

“Benar, pasca terjadinya kerusakan pada bangunan, pihak rekanan telah melakukan pembenahan serta pihak terkait, siap memperbaiki sesuai dengan spesifikasi. Pastinya, kami akan pantau terus pekerjaan tersebut Hingga PHO,” tegasnya.
Menanggapi hal itu Sekretaris Dinas PUPR Rizal Irawan, mengatakan, pihaknya telah memenuhi panggilan dari komisi C, terkait pembangunan JIB.

“Telah kami sepakati bersama apa yang menjadi arahan dari DPRD. Namun dalam hal ini kami minta kesabaran dari semua pihak, ‎sebab pekerjaan tersebut masih dalam proses pengerjaan oleh rekanan,” jelasnya.

“‎Untuk mengoptimalkan pengawasan, kami dari dinas akan melakukan penambahan personil tenaga pengawas, dan konsultan pengawas Inspektor, ‎khusus pada dua pekerjaan pembangunana JIB tersebut,” tambah Rizal. (dir/fik)