Ratusan Ton Ikan Mati, Petani Kerambah Rugi Miliaran Rupiah

0
160
views
MERUGI: Hamparan ikan yang mati karena cuaca yang buruk mengakibatkan para petani keramba merugi hingga miliaran rupiah di Bendungan Way Rarem, Minggu (16/7).

TRANSLAMPUNG.COM, KOTABUMI- Akibat hujan deras dan cuaca buruk pada hari Sabtu (15/7) mengakibatkan petani ikan kerambah yang ada di bendungan Way Rarem mengelami kerugian yang sangat besar. Bagaimana tidak ratusan ton ikan mas mati akibat cuaca alam ini, Minggu (16/7).

“Akibat cuaca ini, kami mengalami kerugian yang sangat besar, bagaimana tidak ratusan ton ikan siap panen punya petani kerambah yang ada disini mati semua,” ujar salah satu petani keramba, Andi Pradika

Andi menjelaskan, bahwa kejadian tersebut diketahui oleh penunggu kerambahnya sekitar pukul 20:00 malam, kemudian penunggu keramba langsung menelponnya dan melaporkan kejadian tersebut.

“Ini bukan yang pertama kali, dibulan kemarin juga terjadi begini, tapi tidak separah kali ini, tapi ya mau gimana lagi kami cuma bisa pasrah, udah nasib ikan mati semua, kalau diuangkan kerugian mencapai miliaran rupiah, mulai dari bibit, pakan, sampai pemeliharaan, dan kejadian ini merupakan musibah terbesar sepanjang saya menjadi petani keramba,” jelasnya.

Dia berharap para penepul ikan mau menerima dan membantu menjual ikan tersebut, walaupun harus dipilah-pilah dulu mana yang masih bisa dijual dan mana yang sudah tidak layak lagi dijual.

“Yang mati ini dijual juga dengan separoh harga belum tentu pembeli mau,ya paling-paling mereka penampung mau nerima,  kalau dikalkulasikan, sama warga yang punya kerambah yang ikannya  mati  seluruhnya mungkin sekitar 500 ton,” tuturnya.(eri/eka/hkw)