Rapat Persiapan Operasi Ramadniya Krakatau 2017

0
964
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG- Tak terasa sebentar lagi Umat Muslim akan segera merayakan Hari Raya idul Fitri 1438 H. Saat yang sangat dinantikan setelah menjalani puasa sebulan penuh.

Tentu saja, merayakan Hari Kemenangan ini akan terganggu apabila menghadapi kondisi kemacetan, kehabisan BBM, sulitnya moda transportasi dan masih banyak lagi masalah yang selalu muncul setiap tahunnya.

Untuk itu, Tahun ini Pemerintah Provinsi Lampung terus meningkatkan sinergitas dengan jajaran terkait dalam mengupayakan momentum mudik Hari raya Idul Fitri 1438 H aman dan nyaman bagi para pemudik, khususnya di Provinsi Lampung.

Terbukti dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi kesiapan akhir operasi Ramadniya Krakatau 2017 Polda Lampung dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Aula Graha Wiyono-Siregar (GWS), Kamis (15/6/2017).

Dalam arahan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan pemerintah melalui instansi terkait dalam menghadapi perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, baik melalui Dinas Perhubungan dan ASDP yang bertanggung jawab atas moda transportasinya maupun melalui Instansi Kepolisian Daerah dalam mengambil langkah pengamanan dan kondisi yang kondusif saat pelaksanaan mudik.

“Bersama dengan instansi terkait seperti Polda, Pertamina, ASDP dan satker-satker terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah terus bersinergi untuk melakukan persiapan tersebut”, ujar Bachtiar.

Menjelang Lebaran 2017, Asisten Operasi Polri Irjen Pol.Drs. Unggung Cahyono menjelaskan pihaknya akan melakukan operasi premanisme terutama di pelabuhan Bakauheni, serta melakukan operasi Razia pada H-1 untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Hal serupa juga diungkapkan Kapolda Lampung Sudjarno. Ia mengatakan pihaknya akan melakukan operasi kepolisian terpusat “Ramadniya Krakatau 2017” dengan total kekuatan 4.952 Personil gabungan dari seluruh instansi terkait  yang diadakan selama 16 Hari dimulai sejak tanggal 19 Juni s/d 4 Juli 2017 guna mewujudkan situasi Hari Raya Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Sementara Dinas Kesehatan mengatakan pihaknya akan meyiapkan rumah sakit keliling dan pos pelayanan kesehatan yang terbagi di 3 Lintas Utama yakni Lintas Timur, Tengah dan Barat dengan total 74 posko kesehatan.

  1. Pertamina pun telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi, diantaranya dengan penambahan BBM ke SPBU dengan stok Premium 50persen, Solar 5persen, Pertamax 65persen, Pertalite 55persen. Kemudian menambah waktu pelayanan di terminal BBM Panjang menjadi 24 jam, Penyiapan RAE supply dari TBBM dan supply ke SPBU, Membentuk SPBU Kantong dan SPBU Buffer untuk memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tanki.

Sedangkan untuk kesiapan moda Transportasi, Dinas Perhubungan bersinergi dengan ASDP akan menyiapkan bantuan 40 bis di Bakauheni dan Rajabasa, menyiapkan 56 kapal yang siap beroperasi serta posko-posko terpadu untuk memberikan pelayanan kepada pemudik.

Pemerintah Provinsi Lampung berharap berbagai persiapan ini, tidak hanya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik tetapi juga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. (*)