PWI Ikut Serta Awasi Pilkada 2017

0
253
views

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), akan memonitoring proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 15 Februari 2017.

Hal tersebut, menjadi salah satu bentuk dukungan PWI Tubaba dalam mensukses kan Pilkada Tubaba dan menciptakan Pilkada 2017 yang aman, tertib, dan damai.

Menurut, Edi Zulkarnaen Ketua PWI Tubaba mengatakan, pengawasan tidak hanya dilakukan saat proses pemungutan dan penghitungan suara saja, namun mulai dari persiapan pelaksanaan perhelatan demokrasi Tubaba juga akan mendapat pengawasan tim tersebut.

“Mengingat tugas kita sebagai kontrol sosial, maka sangat penting dibentuk tim ini, guna memastikan pelaksanaan pilkada Tubaba berlangsung baik sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-perundangan yang ada,” ungkapnya seusai Rapat Pembentukan Tim Monitoring Pilkada 2017, Senin (13/2).

Dia menjelaskan, tim tersebut tersebar di 9 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 96 Panita Pemungutan Suara (PPS), dan 553 Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tubaba, hingga di Posko-posko Pemenangan Pasangan Calon (Paslon).”Semua pihak penyelenggara pilkada masuk dalam sasaran monitoring kita. Tidak terkecuali posko-posko pemenangan paslon,” tegasnya.

Dalam menjalankan tugas monitoring tersebut, lanjut Edi, seluruh anggota tim akan dibekali Surat Tugas dan tanda pengenal dari media masing-masing.

“Disamping itu, kami juga berkomitmen untuk mengedepankan netralitas dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, baik selama kegiatan monitoring atau pun dalam hal penyampaian informasi publik, khususnya terkait pilkada Tubaba,” ujar dia.

Dia juga menambah kan, Ketua PWI juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai itu untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Tubaba besok dengan tetap menjaga situasi aman, tertib, dan damai dilingkungannya masing-masing demi terlaksananya Pilkada Tubaba yang bermartabat.

“Partisipasi aktif masyarakat dalam pilkada ini menentukan keberlanjutan pembangunan di kabupaten ini,” pungkasnya.(der)