Puskesmas Waykanan Dapat Predikat Akreditasi dari Kemenkes RI

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Waykanan, hasil akreditasi dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan tingkat Pertama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menetapkan 4  Puskesmas (PKM) yang ada di Kabupaten Waykanan sebagai Puskesmas terakreditasi, Puskesmas tersebut yaitu PKM Sukabumi Kecamatan Buay Bahuga meraih predikat akreditasi Utama sedangkan PKM kasui, PKM  Pisang Baru, PKM Serupa Indah mendapatkan predikat akreditasi Madya. Hal itu diketahui setelah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menerbitkan surat hasil akreditasi, Senin (19/2) kemarin.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan RI juga sudah lebih dulu mengumumkan 2 Puskesmas yang terakreditasi yaitu Puskesmas Waytuba predikat akreditasi Utama dan Puskesmas Gisting Jaya predikat akreditasi Madya.

“Total ada 6 Puskesmas yang menjalani penilaian akreditasi di tahun 2017 yaitu Pkm Waytuba dan Sukabumi masing masing mendapat predikat akreditasi Utama, sedangkan PKM Gisting Jaya, Pisang Baru, Kasui dan Serupa Indah mendapat predikat akreditasi Madya. Target kita 2017 tidak ada yang mendapat predikat Dasar dan alhamdulilah tercapai, di tahun 2018 ini targetnya tidak ada yang MADYA semoga tercapai,” ujar Kadis Kesehatan dr.Farida Aryani saat dikonfirmasi ,Selasa (20/2).

Farida menuturkan, bahwa capaian ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi pemerintah daerah Kabupaten Waykanan terkhusus dibidang kesehatan berkat dukungan serta kerja keras semua pihak baik dari Dinas Kesehatan maupun tenaga medis sehingga prestasi ini bisa tercapai.

Dijelaskannya pula, Bedanya yang telah terakreditasi berarti pelayanannya sudah sesuai standar mutu dari Komisi Akreditasi Kementrian Kesehatan RI. Baik itu pelayanan , management, administrasi ,SDM serta sarana prasarana maupun fisik puskesmas atau Rumah sakit yang dinilai.

“Saya ucapkan selamat buat puskesmas Sukabumi yang meraih predikat utama  dan selamat juga buat 3 puskesmas yang lain yang telah menyelesaikan tahapan penilaian akreditasinya dan lulus dengan predikat utama dan madya agar dipertahankan serta ditingkatkatkan lagi mutu pelayanan dipuskesmas masing-masing. Dan 3 tahun kedepan dievaluasi dari sekarang sehingga predikat yang didapat lebih meningkat lagi,” imbuhnya. (migo)

News Reporter