Puskesmas Gunungsugih Lampung Tengah Juara Nasional Lomba IVA

0
319
views

translampung.com, Lampung Tengah – Sosialisasi yang gencar dilakukan Puskesmas Gunungsugih mampu meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya wanita untuk melakukan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) melalui metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Kerja keras itu membuahkan hasil dengan diraihnya juara pertama Lomba IVA Tingkat Nasional tahun 2017.

Kepala Puskesmas Gunungsugih Hj. Yulianti Nilawati, SKM, M.Kes. mengaku terharu sekaligus bahagia atas prestasi yang diperoleh dalam ajang Lomba IVA Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah, Puskesmas Gunungsugih yang mewakili Provinsi Lampung pada Lomba IVA Tingkat Nasional meraih juara pertama dan mampu mengalahkan provinsi lainnya di Indonesia, seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat,” kata Yulianti Nilawati, Minggu, 13/8/2017.

Edukasi ke masyarakat tentang bahaya kanker serviks secara rutin dilakukan oleh petugas penyuluhan Puskesmas Gunungsugih. Alhasil, banyak kaum ibu merasa tergerak dan memeriksakan diri ke Puskesmas Gunungsugih. Saat ini layanan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dilakukan di klinik IVA Puskesmas Gunungsugih.

“Pelayanan pemeriksaan melalui IVA dilakukan secara online dan laporannya langsung terhubung ke Kementerian Kesehatan. Sehingga, tidak ada rekayasa dan data semua itu murni riil,” ujar Yulianti.

Pemeriksaan kanker serviks melalui metode IVA, kata Yulianti, ditangani tenaga kesehatan yang terlatih dan berpengalaman. Pencegahan dan penanganan kanker serviks memang menjadi perhatian utama dari Puskesmas Gunungsugih karena penyakit tersebut termasuk penyakit berbahaya yang mematikan.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa mengatakan selama ini Lampung Tengah telah aktif memerangi kanker serviks di masyarakat khususnya kalangan perempuan. Bahkan, belum lama ini Lampung Tengah telah mengadakan pemeriksaan gratis tes IVA yang diikuti 11 ribu peserta.

“Terkait itu kita telah mendapatkan rekor MURI. Jika sekarang salah satu puskesmas kita juara nasional, tentunya kita sangat bersyukur. Mudah-mudahan ini semakin memotivasi kita untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” pungkasnya.(*)