. . .

Puskesmas Candirejo Baksos: Khitanan Massal dan Donor Darah

image_print

Jajaran staf Puskesmas Candirejo foto bersama anak-anak yang menjadi peserta khitanan massal

TRANSLAMPUNG.COM, WAYPENGUBUAN – Puskesmas Candirejo, Kecamatan Waypengubuan sukses adakan kegiatan bakti sosial (baksos) khitanan masal, serta donor darah, Kamis (26/7/2018).

Kegiatan berlangsung di Puskesmas Candirejo. Sebanyak 13 anak, dari berbagai kampung di Kecamatan Waypengubuan yang berdekatan dengan puskesmas, mengikuti kegiatan tersebut.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga di lakukan Puskesmas Candirejo, di Kampung Poncowati, Kecamatan Terbanggibesar, dan ada 20 anak yang mengikuti khitanan massal. Jadi, total keseluruh adalah 33 anak.

Menurut keterangan Kepala Puskesmas Candirejo Eko Witono,  yang juga ikut menangani kegiatan khitanan masal tersebut, pihak puskesmas tidak pernah menargetkan berapa banyak anak yang akan dikhitan.

Ia juga mengatakan, minimnya anak yang mengikuti kegiatan tersebut, karena bertepatan dengan waktu belajar sekolah. Meski begitu, Eko Witono mengaku senang, karena masih ada orang tua yang mau meresponnya.

“Alhamdulillah kegiatan sunatan massal ini sudah kami laksanakan dengan baik, walaupun tidak terlalu banyak anak yang hadir. Ini mungkin karena bertepatan juga dengan kegiatan anak masuk sekolah,” ujar Eko Witono.

Eko Witono menambahkan, khitanan massal tersebut, sebenarnya dikhususkan bagi anak yang kurang mampu, serta yatim piatu.

“Sunatan massal ini, kami tujukan bagi anak-anak yang kurang mampu, yatim piatu, dan tidak memiliki BPJS kesehatan. Agar, baksos yang kami berikan dapat mengurangi beban bagi mereka,” tambah Eko Witono.

Sedangkan untuk kegiatan baksos donor darah yang dilaksanakan pada hari Rabu (25/7), Puskesmas Candirejo mampu mengumpulkan sebanyak 36 kantong darah. Para pendonor darah terdiri dari tokoh masyarakat, guru, kepala kampung, staf puskesmas, santri pondok pesantren, dan dari posbindu Kampung Banjarrejo.

Selain itu, ada juga warga yang ikut mendonorkan darahnya, setelah tahu dari akun jejaring sosial facebook milik puskesmas Candirejo, yang sebelum pelaksanaan kegiatan memposting akan diadakan kegiatan baksos donor darah.

Eko Witono berterima kasih kepada seluruh semua lapisan, yang sudah mau terlibat langsung, atau ikut berpartisipasi dalam kegiatan baksos donor darah tersebut.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih, kepada Kakam Candirejo, tokoh masyarakat, guru, santri, staf puskesmas, dan juga posbindu Kampung Banjarrejo, yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan baksos donor darah ini,” tutup Eko Witono. (red/rid)