. . .

Puskesmas BKU Putrarumbia Canangkan Imunisasi MR

image_print

LEPAS BALON – Camat Putrarumbia Eri Leonara dan Kepala UPTD Puskesmas BKU, I Wayan Bagiyo melepas balon ke udara sebagai simbol pencanangan Imunisasi MR.

TRANSLAMPUNG.COM, PUTRARUMBIA – UPTD Puskesmas Bina Karya Utama (BKU), Kecamatan Putrarumbia, Lampung Tengah (Lamteng) melakukan pencanangan kampanye Imunisasi MR (Measles Rubella) tingkat kecamatan, di halaman SMPN 1 Putrarumbia, Rabu (1/8/2018).

Kepala UPTD Puskesmas BKU, I Wayan Bagiyo, S. Kep., mengatakan, pencanangan imunisasi MR merupakan instruksi pemerintah pusat dan Pemkab Lamteng yang dilakukan serentak per 1 Agustus 2018.

Menurut dia, imunisasi MR ini ditujukan untuk membentuk kekebalan imunitas masyarakat terhadap penyakit campak dan rubella. Serta, memutus transmisi penularannya. “Kampanye imunisasi MR ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2018,” ujarnya.

Sasaran imunisasi MR, kata dia, adalah bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia kurang dari 15 tahun. Secara simbolis, pencanangan kampanye imunisasi MR dilakukan oleh tiga siswa SMPN 1 Putrarumbia, serta pelepasan balon ke udara oleh Camat Putrarumbia, Eri Leonara.

“Harapan saya, semua yang hadir di sini, baik aparat kampung, unsur pendidikan, kesehatan dan lainnya untuk mengkampanyekan kepada masyarakat. Terutama, bagi kader kesehatan,” pintanya.

Sebab, campak dan rubella adalah penyakit yang dapat menyebabkan cacat, bahkan kematian. Dan hingga saat ini, belum ditemukan obatnya. Untuk itu, anak-anak harus dilindungi dari bahaya tersebut.

Dengan imunisasi MR, adalah upaya pencegahannya. “Jadi dengan menyosialisasikan bahaya penyakit ini, diharapkan semua pihak bergerak demi kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan imunisasinya, kata dia, akan diberikan di sejumlah tempat. Yakni di lingkungan sekolah, puskesmas, posyandu dan tempat pemberian imnunisasi lainnya.

“Saya imbau bawalah anak Anda ke pos imunisasi terdekat pada bulan Agustus-September untuk mendapatkan imunisasi MR. Tidak dipungut biaya, semua gratis,” ajaknya.

Sementara, Camat Putrarumbia Eri Leonara berharap seluruh elemen bersedia mengkampanyekan program tersebut. “Saya selaku camat mengharapkan yang hadir untuk berpartisipasi dalam menyosialisasikan imunisasi MR kepada masyarakat,” pintanya. (rid)

error: Content is protected !!