Puluhan Kandidat Bertarung di Muscab PD se-Lampung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Musyawarah cabang (muscab) Partai Demokrat (PD) se Lampung digelar di Swiss-Belhotel, Bandarlampung, siang ini.

Sebanyak 15 DPC akan memilih ketua DPC berdasarkan suara Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan suara DPP yang dihadiri perewakilan DPP yakni Ketua BPOKK DPP PD, Pramono Edhie Wibowo.

Informasi yang dihimpun radarlampung.co.id (Group Trans Lampung), di arena Muscab, setidaknya ada puluhan nama bakal bersaing ketat memperebutkan ketua DPC. Namun, di beberapa kabupaten, dipastikan tetap akan dijabat incumbent lantaran kepuasan kader dan pengurus atas kinerja ketua DPC tersebut.

Diantaranya Ketua DPC PD Waykanan akan tetap dijabat Raden Adipati Surya yang juga Bupati Waykanan. Lalu, ketua DPC PD Lampung Timur diperkirakan akan tetap dijabat Zaeful Bokhari yang juga Wabup Lamtim.

Lalu, kejutan ada di ketua DPC PD Metro. Sepeninggal Sudarsono yang hengkang ke NasDem, kabarnya PD Metro akan dinakhodai oleh Wakil Wali Kota Metro Djohan. Sebelumnya, Plt. Ketua DPC PD Metro dijabat oleh Mozes Herman.

Lalu, jabatan ketua DPC PD Pringsewu tetap akan dijabat ketua yang lama yakni Maryanto. Sama halnya dengan ketua DPC PD Tulangbawang Barat tetap dijabat Busroni, ketua DPRD setempat. Juga ketua DPC PD Tulangbawang tetap akan dijabat oleh Zuldin Alamsyah.

Di Pesawaran, ketua DPC PD setempat diperkirakan tetap akan dipegang oleh ketua yang lama yakni Zamzami. Ketua DPC PD Lampung Utara diperkirakan tetap akan dijabat oleh M. Yusrizal.

Persaingan ketat ada pada perebutan ketua DPC PD Bandarlampung. Anggota DPRD Kota Bandarlampung Ernita Sidik yang akan menantang mantan ketua DPC PD Bandarlampung sebelumnya Budiman AS. Di Lampung Selatan, dua nama bakal adu kuat yakni Anggota DPRD Lampung K. Agus Revolusi akan bersaing dengan anggota DPRD Lamsel Wayan Suwantara.
Di Lampung Tengah, perebutan ketua DPC PD akan dilakukan antara dua anggota DPRD setempat yakni Anang Hendra dan Indra Jaya. Keduanya akan memperebutkan siapa pengganti Plt. Ketua DPC PD Lamteng Iwan Renaldo Syarief. Indra Jaya merupakan Pengganti Antar Waktu (PAW) Syamsir Firdaus.

Di DPC PD Lampung Barat, perebutan sengit akan terjadi antara ketua DPC PD yang lama yakni SW. Sundari dengan Sutikno, Anggota DPRD setempat. Lalu, di Pesisir Barat ada perebutan ketua DPC PD antara Julian Manaf dan M. Towil juga anggota DPRD setempat.

Sedangkan di Mesuji, pergantian tonggak kepemimpinan ketua DPC PD Mesuji akan terjadi. Kabarnya, ketua DPC PD yang lama Edi Anwar akan memberikan kesempatan kepada kader muda yakni Wakil Ketua DPC PD Mesuji yakni Muhtar.

Sekretaris DPD PD Lampung Fajrun Najah Ahmad mengatakan, pihaknya tak bisa mengomentari soal bursa calon ketua DPC. Sebab, semua diserahkan ke PAC melalui mekanisme Muscab.

“Kami DPD bahkan diinstruksikan oleh ketua DPD PD mas Ridho untuk abstain. Menyerahkan sepenuhnya kepada PAC dan satu suara dari DPP. Ini mereka kan lebih tahu siapa yang pantas memimpin,” kata Fajar sapaan akrabnya kepada radarlampung.co.id (Group Trans Lampung), Kamis (5/4).

Menurut Fajar, 15 muscab akan digelar serentak. Dibagi dalam 5 ruang sidang dan tiga sesi siding. “Jadi 15 sidang digelar bergantian di lima ruangan ada tiga sesi sidang. Targetnya, mala mini sudah terpilih ketua DPC PD se Lampung,” pungkasnya. (rlo/gus/tnn)

News Reporter