. . .

Pugung Terdampak Banjir, Pj. Sekda Tanggamus Bagi Tugas untuk OPD

image_print
TINJAU LOKASI BANJIR: Pj. Sekda Tanggamus Hamid H. Lubis meninjau langsung beberapa pekon di Kecamatan Pugung yang terdampak banjir, akibat guyuran hujan deras Senin malam hingga Selasa dini hari. (Foto-foto: DISKIMINFO TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kepungan bencana banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Tanggamus, mendapatkan atensi serius dari Pj. Sekretaris Daerah Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M.Si. Ia secara khusus menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) (Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial) untuk sigap mengatasi banjir.

Hal itu diungkapkan Hamid H. Lubis saat mengunjungi lokasi banjir bandang di Pekon Sukamulya dan Pekon Tanjungagung, Kecamatan Pugung untuk mengetahui kondisi terkini dari pada korban banjir pada Senin (4/3) hingga Selasa (5/3) dini hari dengan ketinggian air sekitar dua meter.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus itu meminta agar segera dibuatkan tempat pengungsian. Yang pada akhirnya, dari hasil pertemuan diputuskan bahwa Balai Pekon Sukamulya menjadi lokasi pengungsian. Fasilitas lainnya yang harus disediakan, adalah dapur umum dan pos kesehatan, agar keperluan para korban banjir bisa dipenuhi.

“Dari hasil rapat yang kita gelar, bersama dengan para Kepala OPD, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Pekon, Tagana, Anggota DPRD Tanggamus, BPBD Tanggamus kami minta segera menurunkan alat berat. Disdik Tanggamus mendata sarpras yang rusak di sekolahan yang terendam banjir,” tegas Hamid H. Lubis.

Lalu Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Tangggamus, dia menerangkan, bertugas membantu warga untuk membersihkan tempat ibadah. Dan tentu pembuatan posko kesehatan di lokasi banjir. Untuk Tagana, siaga di lokasi hingga tujuh hari ke depan.

Dalam kunjungannya itu, Pj. Sekda Tanggamus menyempatkan berinteraksi dengan para korban banjir dan mengimbau kepada warga, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang bisa saja kapan terjadi.

DUKUNGAN MORAL: Pj. Sekda Tanggamus Hamid H. Lubis memberikan dukungan moral untuk tetap tabah dan mengimbau warga Pugung agar waspada setiap hujan deras turun.

“Tidak ada yang tahu kapan bencana akan terjadi. Itu hanya Allah yang tahu. Dan buat bapak serta ibu yang jadi korban, tetap sabar dan ikhlas ya. Ini semua cobaan dari Allah. Selain itu tetap selalu waspada ya,” ujarnya.

Sebelumnya hujan lebat yang melanda Kabupaten Tanggamus sejak Senin malam hingga Selasa dini hari, mengakibatkan banjir di sejumlah daerah yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama. Namun yang terparah dalam awal pembuka tahun 2019 ini adalah di Kecamatan Pugung. Yakni di Dusun Surian Pekon Sukamulya dan Dusun Sinar Komering, Dusun Campang, dan Dusun Kedaloman, Pekon Tanjungagung dengan ketinggian dua meter.

Adapun rincian kerusakan di dua pekon tersebut menurut data dari Kecamatan Pugung yang dipimpin oleh Camat Hardasah, di Pekon Sukamulya ada 4 rumah hanyut, 1 warung roboh, 2 unit sepeda motor hanyut, 35 rumah terendam banjir, dan 1 jembatan gantung putus dan lebih dari 10 titik longsor mengkhawatirkan. Selanjutnya terdapat 15 kepala keluarga, yang terdiri 24 anak-anak dan 35 orang dewasa yang mengungsi. Sedangkan di Pekon Tanjungagung, terdapat 2 rumah hanyut dan 2 dusun terisolir. (ayp)

error: Content is protected !!